Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

22 Negara Batasi Ekspor Pangan

PORTALSWARA.COM — Sebanyak 22 negara telah membatasi ekspor pangan. Pembatasan ekspor pangan tersebut salah satunya adalah beras.

Menurut Presiden Joko Widodo, dulu negara penghasil beras menawarkan komoditas tersebut untuk diekspor ke negara-negara lain.

Hal ini diungkapkan Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

“22 negara membatasi ekspor. Dadakan lagi ini. Dulu yang namanya impor beras semua negara menawarkan. ‘Saya punya stok’, ‘saya punya stok’, sekarang 22 negara setop ekspor dan membatasi ekspornya,” kata Jokowi dalam acara tersebut.

Jokowi menyampaikan, hal ini merupakan dampak dari pemanasan global. Dampak tersebut semakin dirasakan oleh berbagai negara di dunia. Akibat pemanasan global, stok pangan di dunia pun menurun. Belum lagi karena kondisi geopolitik yang tak menentu. Perang di Gaza dan Ukraina merupakan contoh kondisi geopolitik yang tidak bisa diterka.

“Dulu kita selalu berbicara perubahan iklim, tapi belum kelihatan. Apa sih, tapi sekarang ini sudah betul-betul kita rasakan dan dampaknya ke mana-mana,” tutur Jokowi.

“Pemanasan global betul-betul kita rasakan dan akibatnya produksi pangan kita sedikit menurun,” imbuh dia.

Melansir Kompas.com, Jumat (01/12/2023), kendati begitu, lanjut dia, Indonesia harus berbangga lantaran ekonominya masih tumbuh sebesar 5 persen. Angka pertumbuhan itu sulit dicapai negara lain. Pertumbuhan sebesar 5 persen, lanjut Jokowi, adalah pertumbuhan yang masih stabil.

Baca Juga :  Pemerintah Habiskan Rp4,4 Triliun Bayar Beras Impor 500.000 Ton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *