Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

De Orange, Tempat Kaum Elite yang jadi Embrio Bioskop Pertama di Kota Medan

PORTALSWARA.COM — Awalnya menjadi tempat para kaum elit, yang kemudian merupakan embrio bioskop pertama di Kota Medan.

Bioskop ini didirikan oleh pemerintahan kolonial pada masa era sebelum kemerdekaan.

De Oranje Bioscoop adalah bioskop pertama yang berada di wilayah Kota Medan.

Menurut Dosen Antropologi yang berkutat di Pusat Studi Ilmu Sejarah (Pusis) Universitas Negeri Medan (Unimed), Erond L Damanik, bioskop pertama di Medan itu dibangun pada tahun 1889 di sekitar Lapangan Merdeka.

“Bioskop yang pertama di Medan itu dulu dekat Mandiri Tower atau Titi Gantung yang lama itu, daerah jembatan dekat Vihara,” kaya Erond.

Ia menyampaikan bioskop itu sempat pindah ke daerah Jalan Irian Barat dan beroperasi sampai tahun 1942. Lalu, pada tahun 1958 bioskop itu dinasionalisasi dan diubah menjadi Ria Bioskop. Sampai akhirnya tahun 1984, gedung itu menjadi Kantor Dewan Kesenian Sumatera Utara (Sumut).

Berbeda dengan bioskop yang kini berada di mal-mal, menampilkan film berbicara, dengan ragam warna, serta dapat ditonton semua kalangan. Dahulu, De Oranje Bioskop hadir dengan film bisu dengan warna hitam putih dan hanya dinikmati kalangan elite.

“Bioskop ini, berbentuk rumah besar, menghadirkan film Barat dengan kapasitas penonton paling 50-75 orang. Yang bisa menikmati film itu juga kalangan elite, seperti pengusaha serta pekerja yang punya posisi tinggi perusahaan perkebunan,” ungkapnya.

Kendati begitu, tak dapat dipungkiri Oranje menjadi embrio bioskop yang pertama di Medan. Tak hanya menjadi tempat menonton, para kaum elite yang datang turut menjadikan ruang itu sebagai tempat bertemu antar keluarga.

Baca Juga :  PC 0203 KB FKPPI Kota Binjai Bagi-bagi 1.000 Takzil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *