Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

Diduga Mengandung Cemaran Etilen, Produsen Vape cs Bersuara

PORTALSWARA.COM, Jakarta – Vape atau rokok elektrik diduga mengandung cemaran Etilen. Potensi tercemar etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DG), dikaitkan dengan zat propilen glikol dan polietilen glikol yang umum ditemukan pada vape.

Jika kadarnya tidak melampaui batas, cemaran EG dan DG sebenarnya aman digunakan. Sementara kandungan yang berlebih dipercaya bisa memicu gagal ginjal akut.

Terkait ini, pengusaha dan produsen rokok elektrik menyebut propilen glikol memang biasa dipakai di rokok elektrik.

Menurut General Manager RELX Indonesia, Yudhistira Eka Saputra, propilen glikol bahkan terdapat pada produk makanan.

Baca Juga :  Jokowi dan Iriana Nonton Konser Deep Purple di Solo

Terkait aman tidaknya zat ini, Yudhistira mengakui memang harus ada pengendalian. Namun ia memastikan produk vape dari RELX sudah memenuhi batas aman.

“Kita tahu juga propilen glikol ini terkandung di dalam bahan makanan juga. Ya memang yang perlu dikendalikan batas amannya berapa sesuai pengujian. Produk RELX khususnya itu sudah memenuhi batasan batasan tersebut,” katanya dalam diskusi Standarisasi Kualitas Produk Rokok Elektrik untuk Keamanan Konsumen di Gedung Kemenperin, Kamis (3/11/2022).

Senada dengan Yudhistira, Teguh Basuki Ari Wibowo dari Aliansi Pengusaha Penghantar Nikotin Elektronik Indonesia (APPNINDO) juga berpendapat, aman tidaknya kadar propilen glikol berkaitan dengan kadar.

Baca Juga :  Ini Dia Daftar Tarif Jasa Rental Pacar di Indonesia

“Pada dasarnya sama seperti yang disampaikan Pak Yudis jadi kita melihatnya ini berkaitan dengan kadar. Maksudnya kalau seumpamanya lebih dari yang ditetapkan dari situ akan terjadi impact yang lebih berbahaya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *