Breaking News
PDIP Meminta KPU Tunda Penetapan Prabowo-Gibran Akibat Gugatan di PTUN I Edy Rahmayadi Tetap Berusaha Daftar ke Golkar dan Gerindra Meski Ditolak I MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024 I Eks Direktur Utama RSUP Adam Malik Terduga Korupsi Rp8 Miliar Ditahan IOknum Dokter Tersangka Cabuli Istri Pasien Berdamai dengan Rp600 Juta
banner 600x300

Kelurahan di Medan Kota ‘Sulap’ Sampah Pelastik jadi Gaun Pengantin

PORTALSWARA.COM, Medan – Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), ‘sulap’ sampah pelastik jadi gaun pengantin. Kreatifitas ini atas dukungan pihak kelurahan. Dimana, warga yang juga anggota TP PKK Kelurahan Teladan Barat, berkreasi membuat sampah plastik menjadi barang-barang bernilai ekonomis. Di antaranya, gaun pengantin, tengkuluk, kotak tisu, rak pena, vas, hiasan bunga, dan lain-lain.

Kreatifitas ini juga tak terlepas dari peran serta Walikota Medan Bobby Nasution. Selalu mendorong perangkat daerah kreatif dalam melaksanakan program prioritas. Salah satu di antaranya adalah dalam penanganan kebersihan di masing-masing wilayah, lurah maupun camat. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, sampah dapat bernilai ekonomi jika dikelola secara kolaboratif dan kreatif.

Baca Juga :  The Heritage Palace, Pabrik Gula yang Disulap Jadi Wisata Ala Eropa

Terbukti, Kelurahan Teladan Barat telah menunjukkan kreativitasnya dalam penanganan sampah. Bahkan, gaun pengantin dari sampah plastik berhasil menjadi salah satu juara dalam sebuah perlombaan daur ulang sampah plastik.

“Baru-baru ini salah satu barang hasil olahan sampah dari Kelurahan Teladan Barat berupa gaun pengantin meraih Juara III dalam Lomba Daur Ulang Sampah Plastik pada kegiatan Dies Natalis ke-29 Fakultas Kesehatan Masyarakat USU,” sebut Lurah Teladan Barat, Juni Hardian, Jumat (4/11/2022) di Medan.

Selain itu, sebut Juni, gaun pengantin dari sampah plastik hasil kreasi dari warga Lingkungan 8 Kelurahan Teladan Barat ini pun juga meraih Juara Favorit dalam Lomba Fashion di acara yang sama.

Baca Juga :  Musisi Legendaris Nomo Koeswoyo Meninggal Dunia

“Prestasi ini kian memotivasi untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi dalam melaksanakan salah satu program prioritas Bapak WaliKota Medan, Bobby Nasution,” sebutnya.

Juni mengatakan, warga yang berkreasi mengolah sampah plastik ini, antara lain Sri dan Endang, juga telah berinisiatif menjemput sampah warga untuk dikreasikan menjadi produk-produk kerajinan tangan yang menarik.

Kegiatan mengolah sampah plastik ini, sebut Juni, ternyata menarik perhatian warga lainnya, bukan hanya dari Lingkungan 8 maupun Kelurahan Teladan Barat.

“Sampai akhirnya, Ibu Sri yang merupakan kader PKK dan Endang kader posyandu berkolaborasi dengan warga lain saat ini berproses membuat Rumah Kreatif di Jalan Tapian Nauli,” imbuhnya.

Baca Juga :  Berikut 12 Buah dan Sayuran Mengandung Pestisida Tinggi

Di Rumah Kreatif  ini, tambah Juni, warga dilatih untuk mengolah sampah plastik menjadi produk ekonomis. “Bukan hanya mengolah sampah plastik saja, Rumah Kreatif ini juga menjadi sanggar seni bagi anak-anak berbakat. Ada yang melukis, ada pula yang baca puisi,” ungkapnya.

Juni mengatakan, pihaknya akan selalu memberikan dukungan pada kegiatan positif masyarakat ini. Apalagi, lanjutnya, penanganan kebersihan merupakan salah satu program Wali Kota Medan yang harus dijalankan dengan kreatif dan kolaboratif.

Dia menyatakan, akan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan perangkat daerah terkait untuk mengembangkan dan memacu kreativitas serta semangat warganya.

“Kita ingin agar produk berbahan sampah plastik ini dapat ditampilkan di Beranda Kreatif Kota Medan. Selain itu, kita juga ingin agar para warga ini mendapat pelatihan untuk mengemas dan memasarkan produk-produk berbahan sampah ini,” tambahnya, seraya menandaskan, dirinya juga kerap mengimbau agar jajaran di Kelurahan Teladan Barat dapat menjadi pasar bagi produk-produk berbahan sampah plastik ini. (psc/sugi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *