Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Sejarah Provinsi Sumatera Utara Berikut Geografi dan Peta

PORTALSWARA.COM — Menjadi salah satu dari 36 provinsi yang ada di Indonesia, Sumatera Utara memiliki beragam suku. Melayu, Batak, Karo, Simalungun, Batak Toba, Fak-fak, Mandailing, Dayak dan Nias, merupakan suku asli Provinsi Sumatera Utara. Sejarah Provinsi Sumatera Utara berikut geografi dan peta diulas di bawah ini.

Masyarakat Jawa, Sunda, Bali, Ambon, Minahasa, Banjar, Palembang, Riau, Minangkabau dan lain sebagainya, merupakan penduduk yang datang dari luar Sumatera Utara. Setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, jumlah penduduk di Provinsi Sumatera Utara ini adalah yang terbesar keempat di Indonesia.

Menurut data BPS, penduduk Sumatera Utara mencapai 14,7 juta per tahun 2021. Mayoritas yang berada di pedesaan bekerja di sektor pertanian. Sedangkan yang ada di kota profesinya lebih beragam, antara lain pedagang, pegawai, buruh dan lain sebagainya.

Dikutip situs Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), provinsi yang mempunyai 30 kota/kabupaten ini mempunyai struktur masyarakat yang sifatnya berlatar belakang dari keturunan daerah atau biasa disebut dengan genealogis-teritorial. Struktur genealogis-teritorial in antara lain terlihat di wilayah yang didiami oleh suku Nias, Mandailing, Batak, Karo dan lain sebagainya.

Untuk penduduk suku asli Melayu, umumnya mendiami wilayah di ujung timur Sumatera Utara.

Sejarah Sumatera Utara
15 April 1948 merupakan hari ditetapkannya provinsi Sumatera Utara melalui UU nomor 10 tahun 1948. Laman resmi Provinsi Sumut menuliskan, mulanya, provinsi Sumatera Utara pada era kolonialisme Belanda disebut sebagai Gouverment van Sumatera yang menaungi seluruh pulau Sumatera, pusat pemerintahannya berada di kota Medan. Setelah Indonesia menjadi Negara yang merdeka, ada tiga provinsi di pulau Sumatera, yakni Sumatera Utara, Tengah dan Selatan.

Baca Juga :  Suku Ini Wajibkan Mempelai Pria Bercinta dengan Bibi Pengantin Wanita

Berikut ini periodesasi lahirnya Sumatera Utara melansir tirto.id, Rabu (30/11/2022).

– Tahun 1854 berdirinya Provinsi Sumatera yang mencakup keseluruhan kota dan kabupaten yang ada di pulau Sumatera.
– Tahun 1948, terbitnya Undang-Undang yang memecah pulau Sumatera menjadi 3 provinsi.
– Tahun 1949 terbentuknya provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli/Sumatera Timur, hal ini berarti, ada penambahan provinsi di pulau Sumatera.
– Tahun 1950 ada penggabungan kembali, yang sebelumnya terpecah: Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Timur
– Tahun 1956 provinsi Aceh kembali menjadi provinsi sendiri, di mana sebagian dari wilayah provinsi Sumatera Utara masuk di provinsi Aceh.

Letak Geografis Sumatera Utara
Menurut situs Peta Bahasa Kemdikbud, Sumatera Utara mempunyai luas daratan 71.680 Km. Karena luasnya tersebut, Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan perkebunannya. Komoditas yang dihasilkan dari perkebunanannya adalah karet, cokelat, teh, sawit, kopi, cengkeh, tembakau dan lain sebagainya. Letak geografis Sumatera Utara berada pada 10-40 Lintang Utara dan 980-1.000 Bujur Timur. Batas provinsi ini di ujung utara adalah provinsi Aceh yang berdekatan dengan Selat Sumatera, ujung baratnya Provinsi Sumatera Barat dan Riau serta ujung timur dari Sumatera Utara adalah Selat Sumatera.

Wilayah Sumatera Utara di bagian barat berupa pantai dan dataran rendah. Wilayah bagian timurnya dataran tinggi yang meliputi daerah Karo, Toba dan Humbang. Di daerah dataran tinggi ini, terdapat banyak gunung, meliputi Sibayak, Sinabung, Martimbang dan Sorik Marapai. Sedangkan di dataran rendahnya terdapat bentangan sungai yang meliputi Wampu, Batang Serangan, Deli dan Asahan. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *