Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

5 Sertifikat Penentu Kelulusan Masuk PTN Jalur SNBP 2023

PORTALSWARA.COM, Jakarta – Ada 5 sertifikat penentu kelulusan masuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Sertifikat yang sangat berperan itu, penting bagi pelajar jika akan memasuki perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi.

Prestasi akademik punya peluang besar untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tak hanya berdasarkan nilai rapor, beberapa sertifikat dapat ditambahkan untuk mendapatkan poin tambahan untuk lolos jalur SNBP ini.

Peran sertifikat SNBP penting karena sebagai bukti tambahan yang dapat meyakinkan PTN tujuan, mengetahui calon mahasiswa tersebut memiliki kelebihan atau prestasi yang dapat dibanggakan nantinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua sertifikat yang anda miliki dapat digunakan untuk lolos pada jalur ini. Ada beberapa persyaratan sertifikat SNBP yang dapat dihitung menjadi poin tambahan calon mahasiswa tersebut pada jalur SNBP ini. Di antaranya, dilihat berdasarkan kategori prestasi dan lembaga yang mengeluarkan sertifikat prestasi tersebut.

Lima sertifikat yang dapat menjadi poin tambahan pada jalur SNBP masuk Perguruan Tinggi, dilansir dari SINDOnews, Rabu (9/11/2022).

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN) Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah kompetisi pada tingkat nasional bagi mahasiswa SD/SMP/SMA yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek pada bidang sains yang biasa mengadakan olimpiade Matematika, Kimia, Astronomy, Fisika, Ekonomi dan sebagainya.

Sangat disarankan sertifikat dengan juara minimal tingkat Kabupaten/Kota dapat digunakan untuk menambahkan poin.

2. Sertifikat O2SN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan sebuah kompetisi yang berada pada bidang olahraga. Olimpiade ini biasa diadakan pada jenjang SMA. Beberapa olimpiade yang didaftarkan seperti Senam, Bulu Tangkis, Renang, Pencak Silat, Karate dan Atletik.

3. Sertifikat FLS2N
Festival dan lomba Seni Siswa Nasional atau disingkat FLS2N merupakan sebuah olimpiade yang berada pada bidang seni dan budaya yang biasa diadakan pada jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Baca Juga :  Road Show YKI Sumut ke YP Nur Azizi Tj Morawa, Nawal Lubis: Menyusui Bisa Mencegah Kanker Payudara

4. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK, dan Ekstrakulikuler Bagi anda yang aktif berorganisasi sangat bisa untuk melampirkan sertifikat kepengurusan anda selama menjabat sebagai pengurus bukanlah anggota. Dari sertifikat ini dapat menunjukkan keaktifan anda selama di bangku sekolah sehingga dapat menjadi point tambahan.

5. Sertifikat Lomba LKTI dan Esai Selanjutnya yaitu sertifikat yang dapat digunakan lainnya berupa lomba karya tulis ilmiah (LKTI) atau esai. Lomba ini biasanya diadakan oleh pihak-pihak kampus yang ditujukan untuk siswa SMA yang memiliki kreativitas dan tertarik untuk berkompetisi.

Harus diperhatikan, pada sertifikat ini yang harus dilampirkan merupakan sertifikat yang berhasil menjadi juara. Tidak seperti sertifikat seperti OSN, O2SN dan FLS2N yang dapat dilampirkan meski hanya sebagai peserta saja. (psc/sugi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *