Breaking News
Kaesang Terseret Dalam Pusaran Kasus Korupsi PT Timah I Persidangan MK Selesai, Kecurangan Pilpres 2024 Belum Tuntas Terungkap I Kebakaran di YLBHI Jakarta, Satu Anggota Pemadam Kebakaran Meninggal Dunia I Bawaslu Segera Rekrut Pengawas Ad Hoc Pilkada 2024 I Wali Kota Bobby Berbagi Kebahagiaan Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran I MUI Ingatkan Jemaah Aolia soal Menentukan Lebaran Lewat Telepon Allah
banner 600x300

Bobby Nasution Minta OPD Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Nataru

PORTALSWARA.COM — Walikota Medan Bobby Nasution minta OPD memastikan ketersediaan bahan pokok aman menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sekaligus juga mengecek harga bahan pokok (bapok).

Jika terjadi kenaikan, menantu Presiden Joko Widodo ini minta untuk segera dilakukan penanganan. Sehingga masyarakat, terutama umat Kristiani di Kota Medan merasa tenang merayakan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Instruksi orang nomor satu di Pemko Medan itu langsung ditindaklanjuti Dirut Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan Suwarno. Kamis (8/12/2022), Suwarno mengecek harga bapok di basemen Pasar Petisah Medan. Berdasarkan pengecekan yang dilakukan, meski terjadi variasi harga namun masih stabil.

Cabai merah misalnya, harganya bervariasi mulai dari Rp38.000/kg sampai Rp50.000/kg. Variasi harga ini terjadi berdasarkan kualitasnya. “Jika kualitas cabai merahnya biasa, harganya tentu relatif lebih murah dibandingkan dengan harga cabai merah yang kualitasnya cukup baik,” ungkap Suwarno.

Selain itu bawang merah, berdasarkan pengecekan yang dilakukan harga bawang merah mulai Rp30.000/kg sampai Rp32.000/kg dan harga minyak goreng (migor) Rp14.000/liter. Sedangkan untuk harga daging sapi masih di kisaran Rp130.000/kg.

Dari hasil diskusi dengan para pedagang yang ditemui dalam pengecekan harga yang dilakukan, mereka mengatakan harga bapok masih dikatakan stabil. “Hanya saja menurut pengakuan para pedagang, faktor cuaca yang sering hujan dan menjelang hari besar keagamaan diprediksi dapat pula mempengaruhi kenaikan bapok,” jelasnya.

Sebagai upaya pengendalian inflasi, jelas Suwarno, berdasarkan instruksi dari Wali Kota Medan, PUD Pasar Medan akan menggelar pasar murah. Ada pun komoditi yang akan dijual di pasar murah itu, di antaranya beras, migor, gula, telur dan cabai.

“Sesuai yang disampaikan Bapak Wali Kota, pasar murah ini digelar untuk menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, dan kelancaran distribusi sebagai langkah menjaga stabilitas harga menjelang Nataru. Pasar murah nanti kita gelar berkolaborasi dengan PT Pillar Grup,” paparnya.

Baca Juga :  M Fauzi Salim: BKD Unsur Penunjang Pemerintahan Bidang Kepegawaian

Guna mendukung kelancaran distribusi bapok, Suwarno mengungkapkan, PT Pillar Grup nantinya akan memberi bantuan alat transportasi berupa mobil box (pick up) kepada PUD Pasar Medan. “Kami berharap pelaksanaan pasar murah dapat dibuka Bapak Wali Kota, termasuk menerima bantuan alat transportasi tersebut,” harapnya. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *