Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

Indonesia Impor 5.000 Ton Beras dari Vietnam

PORTALSWARA.COM — Indonesia impor 5.000 ton beras dari Vietnam. Beras tersebut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022).

Beras yang diimpor tersebut milik Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog).

Menurut Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, beras impor yang datang hari ini berasal dari Vietnam. Indonesia impor 5.000 ton beras dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah DKI Jakarta. Nantinya, akan datang lagi dari Thailand secara bertahap sampai akhir tahun dengan total 200.000 ton.

“Mulai hari ini terus sampai akhir Desember [2022] itu berdatangan 200.000 ton dari beberapa negara. Hari ini dari Vietnam, hari ini ada datang juga dari Thailand,” ujar pria yang akrab disapa Buwas itu, Jumat (16/12/2022).

Dari total rencana impor 200.000 ton akan dipasok dari empat negara produsen beras, yaitu Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Pakistan.

Buwas menyebutkan, beras-beras tersebut akan langsung disebar ke daerah-daerah untuk pemenuhan stok cadangan beras pemerintah (CBP).

“Kali ini langsung untuk kebutuhan DKI Jakarta kami taruh di Tanjung Priok. Jawa Timur dan Jawa Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Demikian di Aceh, Medan, dan Indonesia bagian Timur, langsung kami berangkatkan dari negara itu ke daerah tujuan,” tambahnya.

Perum Bulog mencatat ada empat belas pelabuhan tujuan pengiriman beras impor, yaitu Malahayati, Lhoksumawe, Belawan, Dumai, Teluk Bayur, Boom Baru, Panjang, Tanjung Priok, Merak, Tanjung Perak dan Tenau.

Melansir Bisnis.com, Sabtu (17/12/2022), izin impor beras oleh Perum Bulog dari Kementerian Perdagangan telah terbit sejak 19 November lalu dengan total izin impor sebanyak 500.000 ton.

Baca Juga :  RI Impor 27 Ribu Ton Beras dari Vietnam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *