Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

Kasus Wartawan Diambil Alih Dewan Pers, Polri tak Bisa Tangani

PORTALSWARA.COM, Jakarta – Dewan Pers dan Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, jalin kerjasama terkait perlindungan pers. Kini, kasus wartawan diambil alih Dewan Pers.

Laporan masyarakat terhadap pemberitaan wartawan, dengan afanya kerjasama tersebut, sepenuhnya akan ditangani Dewan Pers.

Menurut Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, Arif Zulkifli, yang paling penting adalah kesepakatan bersama.

“Kalau ada pengaduan masyarakat kepada pers, menyangkut kerja jurnalistik akan dikembalikan kepada Dewan Pers,” ujarnya, di Bareskrim Polri, Kamis (10/11/2022)

Polri Tak Bisa Tangani
Pengaduan masyarakat terhadap pers, kata Arif, tidak akan bisa ditangani Polri lagi. Pengaduan itu akan dilimpahkan ke Dewan Pers untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan atas karya jurnalistik yang diduga bermasalah.

“Polisi tidak boleh menangani. Itu ke Dewan Pers untuk selanjutnya diperiksa. Apakah karya jurnalistik ini sesuai dengan kriteria UU,” katanya.

Arif menyebut jika karya jurnalistik tersebut bermasalah maka akan ada penanganan yang dilakukan di Dewan Pers. Penanganan tersebut dimulai dengan memuat permintaan maaf, hak jawab, hingga mentake-down karya jurnalistik tersebut.

Sambangi Bareskrim Polri
Sebelumnya, Dewan Pers menyambangi Gedung Bareskrim Polri hari ini, Kamis, 10 November 2022. Kedatangannya itu dalam rangka untuk menandatangi perjanjian kerja sama bersama Polri terkait dengan tindak lanjut turunan dari MoU yang telah ditaken antara Dewan Pers dengan Polri. Komisi Hukum Dewan Pers, Arif Zulkifli, mengatakan perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, yang mewakili Polri.

Baca Juga :  Sindikat Jual Beli Ginjal di Medan Dibongkar Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *