Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

Kirab Kaesang-Erina Bisa Disaksikan Umum: Ada Makanan Gratis di CFD Solo

PORTALSWARA.COM — Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022), bakal terasa suasana pesta rakyatnya. Sebab, kitab Kaesang-Erina bisa disaksikan umum. Akan ada makanan yang disiapkan di acara Car Free Day (CFD) Solo.

Ngunduh mantu Kaesang dan Erina akan digelar di dua lokasi, Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi dan Pura Mangkunegaran Solo.

Acara adat Kaesang-Erina akan menggunakan rumah dinas Walikota Solo dan acara resepsi di Pura Mangkunegaran.

Karena bertepatan dengan pergelaran car free day (CFD), masyarakat atau pengunjung bisa ikut mangayubagyo (mengucapkan selamat) pernikahan Kaesang dan Erina.

Juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan, car free day tetap dibuka meski bersamaan dengan acara pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung.

Menurut Gibran, keluarga akan menyiapkan makanan dan bingkisan yang nantinya bisa dinikmati masyarakat pengunjung car free day.

“Selama car free day itu pedagang, warga yang pengin beraktivitas, sing pengin olahraga, pengin jajan, pengin ngajak anak-anaknya bermain silakan. Seperti biasa,” kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022).

“Pedagang silakan berjualan seperti biasa. Tapi, nanti dari pihak keluarga akan menambahkan sedikit makanan, dan beberapa bingkisan,” sambung dia.

Wali Kota Solo ini menyebut ada beberapa titik di sepanjang rute yang dilintasi kirab Kaesang dan Erina menuju ke Pura Mangkunegaran Solo akan disiapkan stand makanan bagi warga secara gratis.

Gibran belum mau membeberkan beberapa stand makanan yang disiapkan keluarga untuk masyarakat atau pengunjung car free day.

“Di beberapa titik sepanjang car free day di rute kirab. Makanan tradisional, pokoknya jangan lupa warga yang ingin menonton kirab, pedagang tetap dilarisi. Saya titip itu saja,” jelas Gibran.

Baca Juga :  Masjid At Toharul Hidayah Karang Tengah Kwala Bali Peringati Maulid, Tauladani Sifat Rasulullah

Sebelumnya, melansir Kompas.com, Selasa (6/12/2022), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, konsep pernikahan akan digelar meriah dan melibatkan masyarakat Kota Solo, Jawa Tengah, pada Desember 2022.

“Ya pesta rakyat. Saya belum bisa komunikasikan detail, tapi kan ada festival kecil-kecilan, ada sembilan panggung buat masyarakat,” jelas Erick Thohir, Minggu (20/11/2022).

Erick menjelaskan, konsep pesta rakyat ini dilakukan untuk memanjakan warga lokal dengan pertunjukan atau hiburan.

“Jadi kemeriahan itu dirasakan juga oleh masyarakat Solo, karena Bapak (Presiden Joko Widodo) kan memang di Solo sebelumnya,” lanjutnya.

Di sisi lain, adanya Taman Pracima Mangkunegaran yang baru saja diperbaiki akan dibuka untuk umum. Erick menilai hal ini akan menjadi daya tarik wisatawan atau masyarakat lokal.

Sebab, Taman Pracima yang dibangun pada 1920 itu merupakan warisan kebudayaan yang perlu dijaga dan dilestarikan.

“Taman bagus jadi kita mau dukung lagi yang namanya wisata lokal. Jangan kita nomor dua kan. Yang namanya turis lokal ya ini kita, selalu nomor dua kan terus. Tapi itu harus jadi utama karena 70 persen industri turis itu dari lokal gitu,” jelasnya. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *