Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

Kode Beking Tambang Ilegal RI ‘Langit Tujuh’

PORTALSWARA.COM — Pascacuitan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka kasus tambang ilegal yang terus bergulir menjadi pembicaraan panas di Indonesia. Bahkan terungkap kode Beking tambang ilegal RI ‘Langit Tujuh’.

Kekuatan ‘Langit Tujuh’ dalang pertambangan ilegal Indonesia yang disebut mantan Anggota Tim Anti Mafia Migas, Fahmy Radhi, bermuara dari dahsyatnya bekingan atau dukungan tambang ilegal tersebut.

Lantas siapakah :Langit Tujuh’ atau ring satu yang dimaksud tersebut?

Melansir CNBC Indonesia, Sabtu (3/12/2022), menurutnya, aturan mengenai tambang ilegal dibuat sedemikian rupa. Sehingga membuat aktivitas tambang ilegal tidak bisa tersentuh oleh siapapun.

“Karena mereka bisa juga bermain dalam pembuatan aturan, sehingga aturan tadi itu dibuat sedemikian rupa, sehingga memungkinkan illegal mining tidak tersentuh,” ujar Fahmy dalam Mining Zone, Sabtu (3/12/2022).

Adapun julukan ‘Langit Tujuh’, imbuh Fahmy, berdasarkan pernyataan Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat itu, Dahlan Iskan. Fahmy menyebutkan beking tambang ilegal terdapat oknum dari anggota pemerintahan yaitu DPR dan DPRD.

“Dari hasil kajian kami di Tim Anti Mafia Migas, ini saya kira polanya sama. Jadi ring satu itu meliputi tadi, misal elit partai, elit ormas. Kemudian juga oknum-oknum anggota DPR atau DPRD yang membuat aturan Undang-Undang yang mungkin bahwa illegal mining itu sulit ditindak,” terang Fahmy.

Fahmy sangat menyayangkan, kekayaan negara yang seharusnya untuk kemakmuran rakyat, namun dengan aktivitas tambang ilegal tersebut hanya akan memakmurkan para mafia tambang.

Baca Juga :  Ini Respons PBNU dan PP Muhammadiyah Soal Jokowi Larang Buka Puasa Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *