Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Kota Medan Bakal Punya MRT dan LRT

PORTALSWARA.COM, Jakarta — Kota Medan bakal punya Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Sebab, pemerintah akan mengembangkan jaringan transportasi MRT dan LRT di Medan, Bandung, Surabaya dan Bali.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kini rencana pembangunan sarana dan prasarana MRT dan LRT untuk empat kota tersebut sedang dikaji.

Budi mengatakan, pengembangan transportasi massal perkotaan itu, akan mencontoh DKI Jakarta. Apalagi setelah MRT Jakarta berhasil menarik partisipasi dari Jepang, Korea Selatan, hingga Inggris untuk pengembangan proyek fase lanjutan.

“Saat ini DKI Jakarta dinilai sebagai kota yang cukup representatif untuk percontohan pengembangan angkutan massal perkotaan. Tempat-tempat lain yang sekarang sedang akan dilakukan studi berkaitan dengan MRT dan LRT yaitu Medan, Bandung, Surabaya dan Bali,” ujarnya, dalam siaran persnya, Senin (14/11/2022).

Budi Karya mengatakan bahwa pengembangan transportasi massal perkotaan sudah menjadi sorotan oleh Presiden Joko Widodo. Di sisi lain, Jokowi juga mendorong agar proyek infrastruktur bisa didorong dengan skema pendanaan kreatif non-APBN di tengah keterbatasan keuangan negara.

“Jadi Jakarta ini menjadi contoh, dan daerah lain mulai dengan studi. Waktu pembangunannya ini dikaitkan dengan kemampuan finansial dari pemerintah,” terang Budi Karya secara terpisah, di Istana Negara, Jakarta, awal November 2022.

Sebelumnya, melansir Bisnis.com, Kamis (17/11/2022), Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) sudah mengungkap tengah mengembangkan jalur kereta api perkotaan di beberapa kota besar.

Direktur Prasarana Perkeretaapian DJKA Kemenhub Harno Trimadi mengatakan pengembangan kereta api di kota metropolitan menjadi salah satu arah kebijakan kementerian ke depannya, sejalan dengan target pengembangan transportasi berkelanjutan.

“Jadi ke depan kereta akan kita kembangkan di semua kota metrpolitan. Kalau sekarang KRL dinikmati antarkota di Jabodetabek, Jogja–Solo, berikutnya kita kembangkan di Semarang, Bandung, Medan, dan beberapa kota lain,” terangnya dalam suatu webinar, Kamis (20/10/2022). (psc/bs)

Baca Juga :  Sore Hari Ini Kota Medan Diguyur Hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *