Breaking News
Kaesang Terseret Dalam Pusaran Kasus Korupsi PT Timah I Persidangan MK Selesai, Kecurangan Pilpres 2024 Belum Tuntas Terungkap I Kebakaran di YLBHI Jakarta, Satu Anggota Pemadam Kebakaran Meninggal Dunia I Bawaslu Segera Rekrut Pengawas Ad Hoc Pilkada 2024 I Wali Kota Bobby Berbagi Kebahagiaan Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran I MUI Ingatkan Jemaah Aolia soal Menentukan Lebaran Lewat Telepon Allah
banner 600x300

Kritik Pasal Perzinaan KUHP, Hotman Paris: Hukum Kita Ini Kacau

PORTALSWARA.COM — Hotman Paris ikut kritik pasal perzinaan KUHP. Pengacara kondang ini memberikan pandangannya terkait Pasal 411 Kitab Undang-undsng Hukum Pidana (KUHP) yang mengatur soal perzinaan.

Menurut Hotman dalam aturan baru itu, pasal perzinaan kini juga berlaku bagi pasangan yang tidak terikat hubungan perkawinan.

Jadi, katanya, sekarang perzinaan itu bukan hanya yang terikat perkawinan.

“Misalnya seorang janda punya anak, kalau janda ini berhubungan intim dengan laki-laki, yang laki-laki ini masih single bisa masuk penjara loh ibunya, yang ngadu anaknya,” kata Hotman dalam video di akun Instagramnya @hotmanparisofficial, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, dalam KUHP yang baru disahkan DPR pada 6 Desember 2022, Pasal 411 mengatur soal perzinaan. Ayat (1) menyebutkan, “Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya, dipidana karena perzinaan, dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II.”

Ayat (2) menyebutkan, “Terhadap tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilakukan penuntutan kecuali atas pengaduan: a. suami atau istri bagi orang yang terikat perkawinan. b. Orang tua atau anaknya bagi orang yang tidak terikat perkawinan.”

Kritik pasal perzinaan KUHP, Hotman mengaku bingung dengan pasal tersebut. Sebab, dua orang yang melakukan hubungan intim itu sama-sama tidak terikat dalam hubungan perkawinan.

Yang lebih aneh, menurut Hotman, perzinaan itu bisa dilaporkan ke pihak berwajib oleh anaknya sendiri.

“Bingung enggak sih. Dua-duanya single tapi bisa disebut perzinaan dan anehnya yang laporin adalah anaknya,” ujarnya.

Hotman pun berkelakar bahwa jika anak seorang janda tidak mendapat uang jajan, maka si anak ini bisa mengancam akan melaporkan ibunya ke polisi.

Baca Juga :  Raksahum Tuntut Eks Legislator Sumut Kasus Suap Gatot Ditangkap

“Jadi nanti kalau anaknya enggak dikasih uang jajan sama si janda, eh gue laporin lo, lo kemarin lagi gini-gini sama om itu lho,” ucap Hotman.

“Aduh kacau ini, hukum kita ini kacau, gue pusing, logika hukumnya di mana ini,” imbuhnya.

Melansir CNN Indonesia, Jumat (9/12/2022), RKUHP resmi disahkan menjadi undang-undang dalam rapat paripurna DPR di tengah berbagai protes dari masyarakat.

Pengesahan RKUHP sebelumnya sempat tertunda pada 2019. Sejak awal, RKUHP dinilai banyak memuat pasal bermasalah yang mengancam kebebasan demokrasi dan masyarakat sipil. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *