Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Muhammadiyah Akan Beli Gereja di Madrid Dijadikan Masjid

PORTALSWARA.COM, Jakarta – Muhammadiyah Jawa Timur akan beli gereja di Madrid, Spanyol, yang rencananya bakal diubah jadi masjid.

Terkait itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, KH Saad Ibrahim, tak membantahnya. “Insyaallah seperti itu,” kata Saad, Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, gereja itu ada di daerah Alcala. Luas tanahnya sekitar 3.000 meter persegi dan luas bangunan 4.000 meter persegi

Saat ini, kata Saad, proses perundingan sedang dijalankan. Muhammadiyah ingin menyebarkan rahmat ke pelbagai penjuru dunia bagi kemanusiaan universal.

Rencana pembelian gereja di Alcala, Madrid, Spanyol, dimulai sejak Muhammadiyah berkunjung ke negeri itu pada Oktober 2022.

Saat ini, gereja masih dipakai beribadah umat Kristiani setempat. Saat Muhammadiyah mengunjungi lokasi gereja itu, misa masih ditunaikan oleh 15 warga setempat.

“Tidak ada alasan khusus, semata untuk konteks menyebar rahmat ke berbagai penjuru dunia, bersama-sama membangun peradaban mulia bagi kemanusiaan universal,” kata Saad.

Saad mengungkapkan, PW Muhammadiyah Jatim berencana membeli gereja tersebut usai mengunjungi Spanyol pada Oktober 2022 lalu.

“Baru di bulan Oktober ketika kami berkunjung ke Spanyol (rencana pembelian),” jelasnya.

Tak hanya itu, dilansir dari detik.com, Kamis (10/11/2022), Saad menambahkan, gereja ini nantinya akan dijadikan tempat pusat kajian Islam. Sejauh ini, rencana pembangunan masjid masih dibicarakan.

“Ini nanti dibicarakan lebih lanjut (pembangunan masjid). Muhammadiyah di Malaysia ada University Muhammadiyah, di Australia ada MAC Muhammadiyah Australia College,” tandasnya. (psc/bs)

Baca Juga :  Gunung Marapi Erupsi, Bandara Minangkabau Ditutup Sementara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *