Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

Papua Terancam Tak Ikut PON XXI 2024

PORTALSWARA.COM — Papua terancam absen, tidak ikut Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumatera Utara, yang dijadwalkan berlangsung pada 9 September tahun depan.

Hal ini akibat Pemerintah Provinsi Papua dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) tidak mengalokasikan anggaran untuk keikutsertaan kontingen Papua pada ajang olahraga terakbar di Indonesia itu.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 Papua, yang telah disahkan Pemprov Papua dan DPR Papua pada akhir November 2023 lalu, dana untuk atlet Papua di PON nol alias nihil.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya, yang dikonfirmasi perihal dana PON mengakui, tidak adanya alokasi dana untuk kontingen Papua di APBD Papua tahun 2024. Sehingga Papua terancam tidak ikut serta. Namun demikian ia berharap Pemprov Papua dapat memberikan dukungan bagi atlet-atlet Papua untuk ikut dalam agenda nasional tersebut.

“Kita tetap berharap Pemprov Papua memberikan dukungan kepada para atlet Papua untuk ikut PON Aceh-Sumut,” ujar Kogoya lewat rilis pers menjawab wartawan usai rapat bersama jajarannya pada Jumat (01/12/2023) di Kantor KONI Papua.

Kogoya menyampaikan PON merupakan agenda nasional dan merupakan salah satu ajang menyatukan anak bangsa dalam memupuk dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, setiap provinsi di tanah air termasuk Papua wajib mengikutinya.

“PON merupakan satu-satunya ajang paling besar yang efektif menyatukan seluruh komponen anak bangsa. Ajang ini menjadi momentum bagi generasi muda seluruh Indonesia mempererat persatuan dan kesatuan. Dan efektif membangun nilai kebanggsaan dalam mejaga NKRI. Makanya kita harap pemerintah daerah mendukung atlet Papua diajang ini,” kata Kogoya.

Baca Juga :  Kepulangan Messi ke Blaugrana Ditolak 3 Pemain Barcelona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *