Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Simak Syarat CPNS 2023 Lulusan SMA Berikut

PORTALSWARA.COM, Lengkong — Bagi yang lulusan SMA ingin ikut pendaftaran pegawai negeri, simak syarat
CPNS 2023 pada formasi Kemenhub. Perhatihan juga poin dari BKN di bawah ini.

Untuk lulusan SMA sederajat, pendaftaran CPNS Kemenhub 2023, tentu dinantikan para anak muda yang minat gabung dalam instansi pemerintahan, sebagai ASN.

Khusus pendaftaran pada formasi CPNS 2023 Kemenhub, hal ini jadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. Apalagi soal jadwal dan syarat apa saja yang dibutuhkan, bagi pelamar lulusan SMA sederajat.

Tahun ini, seleksi CPNS tidak dibuka untuk umum. Karena pemerintah membuka seleksi ASN itu hanya untuk lulusan sekolah kedinasan saja.

Selain itu, pemerintah fokus pada pengadaan PPPK 2022, sehubungan dengan penghapusan status tenaga honorer dalam pemerintahan pada tahun depan.

Tahun 2023 mendatang menjadi kesempatan, bagi para anak muda lulusan SMA, khususnya yang punya ambisi jadi ASN.

Pasalnya, dikabarkan Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menjadi salah satu instansi pemerintahan yang terima lulusan SMA.

Dilansir dari akun instagram @aymangayu, akun yang aktif membagikan kabar soal ASN. Berikut daftar formasi CPNS Kementerian Perhubungan yang bisa dilamar oleh kalangan lulusan SMA atau SLTA sederajat, dilansir ayobandung, Rabu (16/11/2022).

1. Aviation Security
Syarat: SLTA sederajat + sertifikat bahasa inggris atau komputer

2. Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbang dan Pemadam Kebakaran
Syarat: SLTA sederajat + sertifikat bahasa inggris atau komputer

3. Teknisi Sarana dan Prasarana
Syarat: SLTA sederajat + sertifikat bahasa inggris atau komputer

4. Teknisi Peralatan Listrik dan Elektronika
Syarat: SLTA sederajat

Itulah beberapa formasi CPNS Kementerian Perhubungan yang dibuka untuk lulusan SMA atau SLTA sederajat.

Perlu digarisbawahi, lowongan di atas dibuka pada tahun seleksi CPNS tahun lalu, jadi belum bisa dipastikan, pada CPNS Kemenhub 2023 lowongan yang sama, akan dibuka lagi.

Baca Juga :  Guru Sertifikasi Dikenakan Potongan Pajak TPG Tendik 2023, Ini Besarannya?

Soal jadwal, CPNS Kemenhub 2023 juga belum busa dipastikan pembukaan pendaftarannya. Belum ada jadwal resmi dari pemerintah.

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan Sumber Daya Manusia Aparatur (Kemenpan-RB) Aba Subagja membenarkan soal kabar pendaftaran CPNS 2023 yang akan segera dilaksanakan tahun depan.

Ia menjelaskan, ada beberapa formasi yang dibuka untuk umum pada pendaftaran CPNS 2023, di antaranya adalah hakim, jaksa, agen, serta tenaga-tenaga pemerintah lainnya.

Aba Subagja mengungkapkan ada 2 poin dalam sistem baru pendaftaran CPNS 2023 yang akan diterapkan.

Pertama, sistem dari seleksi CPNS 2023 bersifat fleksibel, artinya, setiap instansi berhak dan bisa melakukan pengadaan dan pendaftaran CPNS 2023 sesuai dengan kebutuhan.

Kedua, pada pendataan pegawai non-ASN di tahun 2022, sama sekali tidak berkaitan dengan pengangkatan PNS atau CPNS, secara langsung di tahun 2023. (psc/bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *