Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

Stok Beras Bulog Jelang Nataru Aman

PORTALSWARA.COM — Erick Thohir menyebutkan cadangan stok beras Bulog jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 aman, mencukupi sampai akhir tahun. Hal itu dipastikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat mengecek stok pangan tersebut.

Erick mengatakan, Mendag sudah sampaikan harga bawang, cabai merah keriting, tempe, masih tetap, bahkan harga ayam justru turun. Memang ada beberapa yang naik sedikit, seperti cabai rawit dan telur.

“Secara keseluruhan, stoknya cukup, termasuk beras Bulog masih aman,” ucap Erick di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Melansir tempo.co, Sabtu (3/12/2022), sebelumnya terjadi ketidaksesuaian data stok beras Bulog antara di perusahaan umum tersebut dengan Kementerian Pertanian. Di lapangan, cadangan beras Bulog dilaporkan menipis. Sedangkan Kementerian Pertanian mengklaim pasokannya cukup.

Erick Thohir pun meminta BUMN-BUMN pangan yang tergabung dalam Holding BUMN Pangan atau ID Food untuk memonitor perkembangan ketersediaan bahan pokok menjelang Nataru, termasuk beras. Erick mengatakan Kementerian BUMN akan terus berkoordinasi dengan Kemendag dan pemerintah daerah untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang akhir tahun di tengah tingginya permintaan.

Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi, Erick menuturkan, BUMN memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pasar tatkala harga mengalami terkerek. Mantan bos Inter Milan itu melanjutkan, BUMN siap melakukan operasi pasar dengan menggelar pasar murah di sejumlah daerah yang bekerja sama dengan pemerintah daerah jika terjadi kenaikan harga.

“Untuk itu, kenapa saya sering tekankan bahwa BUMN harus sehat. Fungsinya ya ketika harga-harga naik, BUMN bisa hadir mengintervensi pasar sehingga membantu masyarakat mendapatkan harga bahan pokok yang lebih terjangkau. Kalau BUMN-nya tidak sehat, boro-boro mau bantu masyarakat,” kata Erick Thohir. (psc)

Baca Juga :  Diperkirakan Hujan Mengguyur Kota Medan Mulai Siang Hingga Lepas Maghrib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *