Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

4 Menteri Jokowi Terlibat Persiapan Pernikahan Kaesang

PORTALSWARA.COM — Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono tinggal menghitung hari. Menjelang hari pernikahan, 4 menteri Jokowi terlibat persiapan pernikahan putra bungsu Presiden tersebut.

Keempat menteri di pemerintahan Presiden Jokowi tersebut ikut mempersiapkan jelang hari bahagia Kaesang dan Erina Gudono.

Melansir detikcom, Senin (28/11/2022), ada empat menteri yang ikut mempersiapkan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono. Mereka adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kaesang dan Erina dikabarkan akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman pada 10 Desember 2022 pukul 13.00 WIB. Kemudian, acara Ngunduh Mantu akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo pada Minggu 11 Desember 2022.

Luhut Temani Kaesang ke Rumah Erina
Momen Luhut menemani Kaesang ke rumah Erina itu terjadi pada Minggu, 23 Oktober lalu. Kala itu, Kaesang ditemani Luhut datang ke kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Kedatangan Kaesang Pangarep untuk membicarakan pernikahannya dengan Erina Gudono, yang rencananya digelar pada Desember nanti. Gibran sebelumnya menegaskan Luhut tidak terlibat dalam panitia pernikahan Kaesang dan Erina.

“Nggak (bukan panitia), mungkin ngepasi tugas saja, terus mampir (mungkin saat itu sedang tugas saja, lalu mampir),” ucap Gibran, Sabtu (29/10/2022).

“Kok Pak Luhut to? Menteri barang dadi panitia (Menteri kok jadi panitia),” imbuh Gibran.

Luhut Buka Suara
Luhut pun buka suara soal kehadirannya menemani putra bungsu Jokowi itu ke rumah kekasihnya, Erina Gudono. Luhut menjelaskan kedatangannya untuk melihat lokasi.

“Saya? Saya itu anu (datang) kan ada kejuaraan atletik,” kata Luhut seusai acara #DemiIndonesia di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

“Dan kebetulan saya mau melihat daerah situ, ya karena itu kan nanti ada midodareni,” sambungnya.

Baca Juga :  Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta di Toko Online

Budi Karya hingga Erick Thohir Ikut Geladi
Terbaru, geladi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dilakukan di Puro Mangkunegaran, Solo, Minggu (27/11/2022) pagi. Sejumlah menteri hadir dalam acara gladi kotor yang dilakukan dari Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, hingga ke Puro Mangkunegaran itu.

Dikutip dari detikJateng, geladi tidak diikuti oleh calon pengantin, yakni Kaesang dan Erina. Namun tampak ada tiga menteri, yakni Erick Thohir, Budi Karya Sumadi, dan Bahlil Lahadalia, serta sejumlah personel Paspampers dalam kegiatan tersebut.

Selama perjalanan dari Loji Gandrung ke Puro Mangkunegaran, rombongan menggunakan kereta kencana. Sebanyak 6 kereta kencana digunakan dalam simulasi itu.

Kereta kencana pertama dinaiki oleh Erick Thohir dan Budi Karya, sedangkan Bahlil Lahadalia terlihat menaiki sepeda lipat. Kereta kencana itu melaju hingga perempatan Ngarsopuro dan selanjutnya mereka berjalan kaki dari Ngarsoupuro hingga ke dalam Puro Mangkunegaran.

Rombongan para menteri itu tampak melakukan koordinasi di dalam Puro Mangkunegaran. Dari halaman lokasi parkir, tempat transit, halaman Puro Mangkunegaran, hingga Pendapa Ageng Puro Mangkunegaran. Dia menjelaskan geladi tersebut dilakukan agar saat kegiatan berlangsung nantinya masyarakat tidak terganggu.

“Jadi alhamdulillah hari ini, ngunduh mantu kan di Loji Gandrung semua acara di sana baru naik kereta ke sini (Puro Mangkunegaran),” kata Erick setelah meninjau di Puro Mangkunegaran.

Persiapan Ngunduh Mantu
Ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono nantinya akan digelar di dua tempat, yakni Loji Gandrung dan Puro Mangkunegaran. Erick Thohir menjelaskan prosesi adat pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar di Loji Gandrung, sementara untuk prosesinya digelar di rumah dinas Gibran Rakabuming Raka itu.

“Jadi alhamdulillah tadi kan ngunduh mantu di Loji Gandrung semua acara di sana baru naik kereta ke sini (Puro Mangkunegaran),” kata Erick usai meninjau Puro Mangkunegaran, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga :  CFD Medan jadi Ajang Bagi Musisi Jalanan Berkreasi

Untuk acara di Puro Mangkunegaran, kata Erick, nantinya akan lebih digunakan untuk tasyakuran bersama masyarakat. Pihaknya menegaskan acara pernikahan ini tidak akan mengubah adat istiadat yang sudah ada di Puro.

“Adat istiadat kita juga hormatkan, di sini jadi sini kan lebih tasyakuranlah gitu ya. Jadi bukan sesuatu yang kita mengubah-mengubah adat istiadat yang kita sudah pahami dan hormati gitu,” ujarnya.

Rencananya, seusai acara di Loji Gandrung, pengantin dan rombongan keluarga akan kirab dengan kereta kencana menuju Puro Mangkunegaran. Rencananya ada 10 kereta kencana yang akan digunakan pengantin dan keluarga.

Erick Thohir menjadi menteri yang mengurus pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Erick lalu buka suara terkait hal tersebut.

Erick dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk mengurus pernikahan sang anak. Erick pun mengucapkan bahwa Kaesang sudah dianggap sebagai keponakannya sendiri.

“Ya sama-sama pokoknya kita. Saya rasa begini, kan Mas Kaesang itu sudah seperti keluarga saya, ya keponakan lah sehari-harinya juga kan sama Mas Aga Thohir (putra Erick Thohir) itu ngurus bola itu ya kan, tiap minggu juga ketemu,” kata Erick Thohir di Puro Mangkunegaran, Solo, Minggu (27/11/2022).

Erick enggan menjawab saat ditanya apakah dia sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang dan Erina. Dia kemudian bicara soal saling membantu sesama keluarga. Misal ada keluarga yang sakit dan terluka, maka akan dibantu.

“Kita saling membantu antar keluarga, ada keluarga yang sakit, ada yang terluka ya kita harus bantu. Apalagi masyarakat kita bantu,” ucapnya.

Erick menegaskan bahwa dia membantu agar prosesi pernikahan Kaesang dan Erina berjalan dengan lancar. “Ya saya membantu, (ketua panitia) saya membantu, yang penting acara berjalan dengan baik perlu dukungan media, masyarakat semua pihak,” ungkapnya. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *