Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Ada Gigi Berhias Batu Mulia di Tengkorak Wanita Bangsawan Temuan Arkeolog

PORTALSWARA.COM – Gigi tengkorak berhias batu Mulia, bisa dibuktikan pada tengkorak wanita bangsawan berusia 1.600 tahun, yang ditemukan di reruntuhan Teotihuacan, Meksiko.

Melansir laman Archaeology World, Kamis (27/10/2022), Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko, mengungkapkan, wanita pemilik tengkorak tersebut meninggal saat berusia antara 35 dan 40 tahun. Dikubur bersama 19 guci untuk persembahan.

Menurut lembaga tersebut dalam sebuah pernyataan, tengkoraknya itu memanjang karena ditekan dengan cara yang “sangat ekstrim”, sebuah teknik yang biasa digunakan di bagian selatan Mesoamerika, bukan wilayah tengah tempat tengkorak ditemukan.

Giginya berisi dua batu pirit bulat, yang bertatahkan di gigi depan atasnya. Menatah gigi dengan batuan ini merupakan praktik yang kerap dilakukan kalangan bangsawan di wilayah Maya, di Meksiko dan Amerika Tengah.

Bangsa Maya dikenal karena keahliannya dalam bidang kosmetik gigi, dimana mereka dikenal suka menghias gigi dengan menambahkan batu mulia atau mengukirnya.

Kota pra-Hispanik Teotihuacan, melansir Merdeka.com, Sabtu (29/10/2022), berada 50 kilometer di utara Mexico City, berkembang antara abad ke-1 dan ke-8. Di kota ini ada piramida Matahari dan Bulan yang merupakan atraksi wisata terkenal. (psc/bs)

Baca Juga :  Begini Penampakan Gua yang Diklaim Tempat Kelahiran Halloween

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *