Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Agama Sikh yang Dianut Bunga Zainal Sering Disebut Gabungan Hindu Islam

PORTALSWARA.COM — Bunga Zainal, selebriti yang baru-baru ini mencuri perhatian dengan kunjungannya ke Punjab, India, bersama keluarganya, mengundang minat publik setelah mengunggah foto-foto perjalanan ke tempat kelahiran agama Sikh. Kunjungan Bunga Zainal ini bertujuan untuk memperkenalkan putra-putranya pada ritual Sikhisme, menyatakan kebahagiaannya karena kini mereka sah sebagai penganut Sikh.

Sikhisme, sebuah agama yang muncul pada abad ke-16 di wilayah Punjab, sering disebut sebagai perpaduan antara ajaran Hindu dan Islam. Meskipun memiliki akar Hindu melalui pendiriannya oleh Guru Nanak, Sikhisme menekankan kepercayaan kepada Tuhan Yang Esa, sejalan dengan ajaran Islam.

Pendiri Sikhisme, Guru Nanak, yang dulunya berasal dari keluarga Hindu, menyebarkan ajaran ini setelah mendapat pencerahan pada tahun 1499. Guru Nanak menolak sistem kasta dan menggarisbawahi kesetaraan gender, yang tercermin dalam penggunaan nama belakang Singh (singa) untuk pria dan Kaur (puteri) untuk wanita.

Ajaran Sikhisme tertuang dalam kitab suci Guru Granth Sahib, dan tempat ibadah mereka disebut Gurdwara. Ciri khas penganut Sikh, seperti memelihara rambut panjang dan membawa atribut seperti gelang besi dan pisau kecil, mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan yang mereka anut.

Melansir Kapanlagi.com, Selasa (09/04/2024), meskipun Sikhisme telah dikenal di Indonesia sejak tahun 1898, dengan pendirian Gurdwara di Medan pada tahun 1911, komunitas Sikh di Indonesia masih relatif kecil, dengan sekitar belasan ribu penganut, mayoritas berada di Sumatra dan Batavia. (psc)

Baca Juga :  Ramadan 2023 Versi Muhammadiyah 23 Maret

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *