Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

Berikut Negara yang Jadikan Bahasa Indonesia Prodi di Universitas

PORTALSWARA.COM, Jakarta — Bahasa Indonesia telah dijadikan sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di Asia Tenggara. Bahkan ada negara yang jadikan Bahasa Indonesia sebagai Prodi di Universitas.

Bahasa Indonesia yang memiliki keunggulan dalam sejarah, bahasa dan hukum, penyebarannya telah mencakup 47 negara di seluruh dunia. Patut bangga, bahasa kebangsaan Indonesia ini dipelajari oleh orang asing. Dan tak sedikit pula rakyat Indonesia yang terus mencintai bahasanya. Karena Bahasa Indonesia sendiri banyak diminati di negara lain.

Berikut negara yang menggunakan Bahasa Indonesia, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (12/11/2022).

1. Suriname
Negara ini tertelak di ujung utara Amerika Selatan. Hampir 14 persen penduduknya adalah orang Indonesia. Ternyata ada beberapa universitas di negeri eksotik ini yang mempelajari Bahasa Indonesia. Para guru pun terjun langsung ke Indonesia untuk mempelajari budaya serta Bahasa Indonesia.

2. Korea Selatan

Di Hankuk University, salah satu universitas terbaik di Korea, menawarkan program pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahkan, salah satu gurunya pun adalah orang Indonesia, Tengsoe Tjahjono.

3. Ukraina
Negara yang sedang berseteru ini memiliki sebuah universitas yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu program studinya. Universitas tersebut adalah Taras Shevcenko National University of Kyiv. Hal ini ternyata didukung oleh pemerintah Indonesia dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas disana.

4. Jepang
Jepang merupakan negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di kampusnya. Salah satu Universitas di Jepang, yaitu Tokyo University of Foreign Studies (TUFS). Banyak yang berminat untuk mengambil program studi Bahasa Indonesia.

5. Vietnam
Sejak tahun 2007, Vietnam menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa kedua. Pasalnya, karena adanya hubungan bilateral Indonesia-Vietnam. (psc/bs)

Baca Juga :  Dana KIP Kuliah 2024 Telah Cair, 288.518 Mahasiswa Dapat Bantuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *