Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Horee! Guru Dapat Tunjangan Baru

Dirjen GTK Keluarkan Surat Edaran ke Pemda

PORTALSWARA.COM, Jakarta — Kabar menggembirakan untuk para tenaga didik. Guru dapat tunjangan baru yakni TPP (tambahan penghasilan pegawai). Tunjangan TPP ini sudah berlaku untuk PNS-PNS struktural.

Selama ini guru tidak mendapatkan TPP ini, karena guru dianggap telah menerima tunjangan sejenis, Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk sertifikasi dan Tambahan Penghasilan (Tamsil) untuk non sertifikasi.

Karena dianggap menyalahi aturan, TPP tidak diberikan kepada guru.

Perihal itu, Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdibud, telah melayangkan surat ke gubernur, walikota dan bupati, agar tetap memberikan TPP kepada guru.

Sebab TPG, Tamsil dan TPP adalah entitas yang berbeda dan semuanya berhak diterima oleh guru.

Dalam surat edaran Dirjen GTK nomor 6909/B/Gt.01.02/2022 tentang Penjelasan Aneka Tunjangan yang Diberikan kepada guru di daerah.

Disebutkan jika TPG, Tamsil dan TPP merupakan tunjangan yang berbeda. Berikut penjelasannya dilansir dari klik pendidikan, Selasa (15/11/2022).

1. Tunjangan profesi merupakan tunjangan yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya

Tunjangan profesi diberikan sebesar satu kali gaji pokok sesuai dengan ketentuan.

2. Tambahan penghasilan (Tamsil) merupakan uang yang diberikan kepada ASN di daerah yang belum memiliki sertifikasi pendidik dan memenuhi kriteria llainnya sebagai penerima Tamsil.

Tambahan penghasilan yang diberikan Rp250 ribu per bulan yang dibayarkan per tiga bulan.

3. Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP)
Tambahan penghasilan pengawai ASN daerah berdasarkan PP no 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pemerintah daerah dapat memberikan tambahan penghasilan kepada ASN daerah dengan memperhatikan kemampuan daerah atas persetujuan DPRD.

Pemberian TPP ASN daerah untuk masing-masing daerah bervariasi sesuai dengan kemampuan daerah.

Baca Juga :  Pemko Binjai Akan Kembali Buka Lowongan PPPK Tenaga Guru Tahun 2023

Berdasarkan informasi dalam surat edaran Dirjen GTK itu, maka guru daerah juga berhak menerima TPP sebagaimana pegawai lainnya. (psc/sugi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *