Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

‘Kegilaan’ Perseus Bikin Medusa Lahirkan Anak dari Leher

PORTALSWARA.COM, Jakarta — Monster Gorgon bersayap dengan rambut ular yang bisa mengubah siapa pun menjadi batu hanya dengan menatap mata orang itu adalah Medusa. Dan Medusa tidak selalu menjadi monster tercela. Percaya atau tidak, Medusa adalah manusia yang cantik sebelum dia berubah menjadi monster. Hanya ‘kegilaan’ Parseus bikin Medusa melahirkan anak dari leher.

Tak hanya kisah pribadinya saja yang menarik perhatian, namun kisah perselingkuhannya dengan Poseidon juga cukup membuat penasaran.

Berubah Menjadi Monster
Medusa adalah wanita fana yang cantik. Dia melayani di samping Athena, dewi kebijaksanaan dan pengetahuan. Athena adalah salah satu dari hanya tiga dewi perawan, jadi Medusa bersumpah untuk tetap perawan saat dia melayaninya.

Saat melayani Athena, manusia dan dewa sama-sama memperhatikan kecantikan Medusa. Medusa tidak mengambil bagian dalam perhatian apa pun yang dia terima sampai Poseidon, dewa lautan, memperhatikannya.

Poseidon terpikat kecantikan Medusa. Dan Medusa membalas perasaan yang sama. Medusa dan Poseidon menjalin hubungan cinta dan akan memiliki dua anak bersama. Tetapi tidak sebelum Athena mengetahui perselingkuhan terlarang itu.

Saat Athena mengetahui perselingkuhannya, dia murka dan langsung mengutuk Medusa dengan menghilangkan kecantikannya. Dia mengubah rambut panjangnya menjadi ular berbisa dan membuat wajahnya yang cantik begitu mengerikan. Sehingga mereka yang menatap mata Medusa akan langsung berubah menjadi batu.

Medusa dipenggal
Sebagai makhluk mistis, kepala Medusa dicari oleh Raja Polydectes. Raja Polydectes memerintahkan Perseus, seorang pahlawan Yunani, untuk membawakannya kepala Medusa.

Ada dua versi mengapa Raja Polydectes meminta Perseus membawakannya kepala Medusa.

Salah satu versi dari mitos ini mengatakan bahwa Raja Polydectes membutuhkan hadiah untuk diberikan kepadanya demi menghormati raja yang menikahi Danae, ibu Perseus. Dan Perseus tidak memiliki hadiah. Karena itu, dia diperintahkan Raja Polydectes untuk membawakannya hadiah khusus berupa kepala Medusa.

Baca Juga :  Mbah Moen Bilang Seseorang Ditentukan Hidup Kaya Atau Miskin saat Umur Segini

Versi lain dari mitos ini mengatakan, Raja Polydectes mengirim Perseus untuk mencari kepala Medusa, agar dia tidak mengalahkannya di atas takhta.

Terlepas dari alasannya, Perseus menerima permintaan tersebut dan berangkat untuk mengambil kepala Medusa.

Perseus memulai pencariannya untuk menemukan Medusa dan memenggalnya. Dia diberi hadiah dari para dewa untuk membantu mengalahkannya. Termasuk perisai yang dibuat oleh dewi pengetahuan dan kebijaksanaan, Athena. Tanpa perisai ini, Perseus tidak akan bisa memenggal kepala Medusa.

Perisai itu dipoles dan reflektif, jadi Perseus menggunakannya sebagai cermin untuk menyelinap di belakang Medusa tanpa menatap matanya. Saat dia mendekati Medusa, dia memenggalnya dan meletakkan kepalanya di tasnya untuk dibawa kembali ke Raja Polydectes.

Medusa Melahirkan Dua Anak
Dilansir dari Theoi, sfelama perselingkuhan mereka, Medusa dan Poseidon memiliki dua anak bersama. Anak-anak tersebut adalah anak laki-laki yang lahir saat Perseus memenggal kepala Medusa. Saat Perseus memenggal kepala Medusa, lahirlah kedua anaknya dari lehernya. Putranya adalah Pegasus dan Chrysaor.

Pegasus adalah kuda bersayap abadi yang bisa terbang dan menciptakan aliran air hanya dengan menghentakkan kakinya. Pegasus akan memiliki hubungan masa depan dengan pahlawan Yunani Bellerophon. Athena menghadiahkan Pegasus kepada Bellerophon atas pengabdiannya padanya.

Chrysaor adalah seorang pemuda yang namanya berarti “dia yang menyandang pedang emas”. Chrysaor tidak memiliki peran besar dalam mitologi Yunani seperti saudaranya Pegasus.

Ubah Raja Polydectes jadi Batu
Dalam peristiwa yang ironis, melansir Nationalgeographic.co.id, Senin (21/11/2022), Perseus menggunakan Medusa melawan Raja Polydectes dengan mengubahnya menjadi batu setelah dia kembali. Perseus menarik kepala Medusa dari tasnya dan mengangkatnya, menyebabkan Raja Polydectes menatap mata Medusa dan akibatnya berubah menjadi batu. (psc/sugi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *