Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

KPU Optimalisasikan Pendataan Pemilih Pemilu 2024 dengan Perbarui Fitur Sidalih

PORTALSWARA.COM, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan aplikasi sistem pendaftaran pemilih (Sidalih) untuk melakukan pendataan pemilih Pemilu Serentak 2024. Dari yang pernah dipakai pada Pemilu Serentak 2019 lalu, saat ini Sidalih sedang dilakukan pembaruan fitur.

“Sebentar lagi Sidalih akan lebih baik hadir dengan pembaruan sistem yang mempermudah KPU melayani masyarakat menjaga hak pilihnya,” ujar anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos, dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10/2022).

Tiga fokus kerja KPU dalam Pengembangan dan Perumusan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024, pun diurai mantan komisioner KPU DKI Jakarta ini.

Pertama, tutur Betty, melakukan sinkronisasi DPB, yaitu proses sinkronisasi DPT pemilu atau pemilihan terakhir yang telah dimutakhirkan secara berkelanjutan, dengan data kependudukan antara KPU dengan Kemendagri sebelum penyerahan DP4.

Kedua, KPU menyiapkan Harmonisasi Dalam dan Luar Negeri. Betty menerangkan, harmonisasi sebagai pelaksanaan pemutakhiran data dan penyusunan daftar Pemilih di dalam dan luar negeri.

“Terakhir, dilansir dari rmol, Senin (31/10/2022), lokasi Khusus yaitu mengakomodir hak pilih semua pemilih yang dipastikan tidak berada di wilayah domisili administrasinya pada saat hari pemungutan suara,” demikian Betty menambahkan. (psc/bs)

Baca Juga :  Buntut Putusan DKPP: KPU Dilaporkan ke PTUN dan Diminta Diskualifikasi Prabowo-Gibran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *