Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

PKK Tangsel Tertarik Program Inovasi Sakasanwira Medan

PORTALSWARA.COM — TP PKK Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tertarik program inovasi Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan (Sakasanwira) Kota Medan. Kunjungan rombongan study komparatif tersebut dipimpin Ketua TP PKK Tangsel, Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie. Mereka disambut Walikota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M Sofyan dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution, diwakili Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ismiralda Wiriya Al Rahman, di Gedung PKK Kota Medan, Jalan Rotan, Kecamatan Medan Petisah, Rabu (7/12/2022).

Mengawali pertemuan kunjungan kerja ini Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M. Sofyan mengucapkan selamat datang di kota Medan kepada seluruh rombongan pengurus TP PKK Kota Tangerang Selatan. Sofyan juga memperkenalkan Kota Medan kepada para rombongan yang hadir, dimana kota Medan terdiri dari 21 Kecamatan, 151 Kelurahan dan 2001 lingkungan. Dalam mewujudkan visi menjadikan Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif, Pemko Medan memiliki misi yaitu Medan Berkah, Medan Maju, Medan Bersih, Medan Membangun, Medan Kondusif, Medan Inovatif dan Medan Beridentitas.

“Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution juga memiliki lima program yang difokuskan untuk dilaksanakan saat ini yaitu pada bidang kesehatan, infrastruktur, penanganan banjir, kesehatan dan juga pembenahan kawasan heritage yang dikolaborasikan dengan pemberdayaan UMKM,” kata M Sofyan.

Terkait dengan pemberdayaan UMKM, Sofyan mengatakan TP PKK Kota Medan dan Dekranasda Kota Medan sebagai mitra dari Pemko Medan terus memberikan perhatian lebih terhadap pemberdayaan perempuan melalui program UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan memberdayakan istri-istri nelayan dan istri-istri penarik becak dalam pembuatan hingga promosi produk UMKM.

Baca Juga :  Lahirkan Inovasi Dalam Pemanfaatan Bibit: Bobby Nasution Ajak Kolaborasi

“Dengan peran serta dari PKK dan Dekranasda Kota Medan tersebut, saya yakin pelaku UMKM lokal dapat berkembang dan naik kelas,” kata M Sofyan.

Apalagi lanjutnya, Pemko Medan juga bekerjasama dengan mini market agar mau menampung produk lokal UMKM Kota Medan. Selain itu pelaku UMKM juga di dorong untuk berani memasarkan produknya di e-katalok dan e-commerce.

“Kami tidak hanya sekedar melakukan pembinaan saja, melainkan juga membenahi fasilitas pemasaran bagi pelaku UMKM kota Medan,” ujarnya.

Yang tidak kalah penting, Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution juga mendorong terbentuknya central-central UMKM di tiap-tiap Kelurahan atau yang lebih dikenal dengan program Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan (Sakasanwira).

“Melalui program ini diharapkan dapat membantu perekonomian bagi para pelaku UMKM sehingga lebih berkembang,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Tangerang Selatan Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini untuk mempelajari bagaimana membentuk Sakasanwira seperti yang ada di kota Medan sehingga dapat di terapkan di Kota Tangerang Selatan.

“Kami ingin belajar dan mengetahui bagaimana kami dapat membentuk Sakasanwira di tempat kami, itulah mengapa kami datang ke kota Medan,” ungkapnya.

Disamping itu dalam acara yang juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan ini, Hj Tini Indrayanthi Benyamin Davnie juga menyampaikan program inovasi yang telah dibuat TP PKK Kota Tangerang Selatan diantaranya yaitu Kampung PKK yang menghubungkan antara program Dinas dan TP PKK.

“Kami juga membentuk PKK Mart sebagai pusat oleh-oleh Tangerang Selatan, membina anak-anak berkebutuhan khusus dan juga kami berhasil menyatukan anggrek yang menjadi icon dari kota Tangerang Selatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Bobby: Pemko Medan Terus Perbaiki Sistem Pengelolaan Sampah

Ditempat yang sama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution diwakili Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga Ismiralda Wiriya Al Rahman mengatakan kegiatan PKK yang dilakukan di Kota Medan sesuai dengan hasil rakernas dan program kerja PKK Kota Medan yang dijabarkan kedalam 10 program pokok PKK.

“Kami telah menjalankan 10 program pokok PKK dan telah meraih prestasi di tingkat Provinsi,” kata Ismiralda Wiriya Alrahman.

Disamping itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TP PKK Kota Medan juga telah melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Kota Medan melalui program UP2K PKK yang bekerjasama dengan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan dan Dekranasda kota Medan.

“Bentuk nyata saat ini adalah dengan membantu pemasaran bagi pelaku-pelaku UMKM, menyediakan gerai UMKM di tiap-tiap Kecamatan guna mendukung program Wali Kota Medan yaitu program Sakasanwira,” jelasnya.

Dalam kunjungan kerja ini kemudian diisi dengan sesi tanya jawab serta di akhir dengan foto bersama dan saling bertukar cinderamata. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *