Breaking News
Polda Sumut Tangkap Dua Nenek Penipu Jual Beli Tanah Rp852 Juta I PWI: Draft RUU Penyiaran Larang Penayangan Jurnalisme Investigasi Hambat Tugas Jurnalistik I Salwa Ar Royyan, Jamaah Calon Haji Termuda dari Medan, Hafizah 17 Juz I Sisa Material Bangunan Stadion Teladan Telah Dilelang KPKNL Rp1,6 M I Plh Dirut Perumda Tirtanadi Bagikan 8.624 Handuk ke Jamaah Haji Embarkasi Medan

Prediksi Lebaran 2024: Perbedaan Pendekatan Antara NU, Pemerintah dan Muhammadiyah

PORTALSWARA.COM — Menjelang akhir Ramadan 1445 H, proses penetapan tanggal lebaran Idul Fitri 2024 masih menjadi perbincangan hangat. Pemerintah dan NU memanfaatkan metode hisab dan rukyatul hilal, sementara Muhammadiyah memilih metode hisab saja.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang telah menetapkan lebaran 1 Syawal pada Rabu, 10 April 2024, Pemerintah Indonesia melalui SKB 3 Menteri memastikan bahwa Idul Fitri jatuh pada Rabu, 11 April 2024 atau Kamis, 11 April 2024, sesuai dengan kriteria MABIM.

Sementara itu, NU masih menunggu hasil rukyatul hilal untuk menetapkan tanggal Idul Fitri. Meski demikian, diperkirakan bahwa NU juga akan merayakan Idul Fitri pada tanggal 10 atau 11 April 2024.

Melansir Insertlive, Minggu (07/04/2024), sidang isbat yang akan dilaksanakan pada 9 April 2024 diharapkan dapat memberikan kepastian bagi umat Islam terkait tanggal Idul Fitri tahun ini. Meskipun perbedaan pendekatan, semua pihak berharap perayaan Idul Fitri akan menjadi momen kebersamaan dan kegembiraan bagi umat Muslim di seluruh Indonesia. (psc)

Baca Juga :  Gereja di Spanyol yang Dibeli Muhammadiyah Dahulunya Mesjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *