Breaking News
6 Peserta UKW PWI Sumut Angkatan 59-60 Belum Kompeten I Bobby Nasution Sampaikan ke DPP PDI-P Dukung Prabowo-Gibran I Ini Dia Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 I Musnahkan Barang Bukti Narkoba Skala Besar, Polda Sumut Selamatkan Ratusan Ribu Jiwa I 2 Pria di Sergai Curi Kabel Lampu Tol Seharga Rp84 Juta Ditangkap

Pria Terduga Penista Agama di Medan Ditangkap Polisi

PORTALSWARA.COM, Medan – Seorang pria terduga penista Agama di Medan ditangkap polisi. Dugaan penistaan agama tersebut disebarkan lewat konten YouTube. Dan RS (34) kini berada di Polrestabes Medan guna menjalani pemeriksaan.

Menurut Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Teuku Fathir Mustafa, RS yang juga pemilik akun YouTube sudah diamankan atas kasus dugaan penistaan agama.

Dikatakannya, penangkapan bermula saat Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan menggelar patroli siber. Petugas mendapati unggahan video diduga melakukan penistaan terhadap agama Islam.

“Unggahan video itu juga berpotensi membuat kegaduhan di tengah masyarakat dan mengganggu kerukunan beragama, khususnya di Medan,” terang Fathir, Jumat (11/11/2022).

Polisi lalu melakukan profiling terhadap video tersebut dan menemukan identitas yang diduga adalah RS seorang laki-laki sebagai pemilik akun YouTube AB.

Usai melakukan identifikasi, kata Fathir, petugas langsung bergerak melakukan penangkapan.

“Barang bukti yang disita berupa satu flashdisk berisi video suara dugaan penistaan agama, satu rangkap screenshot dari akun YouTube yang bersangkutan dan juga satu unit handphone,” kata Fathir.

Fathir menjelaskan, pihaknya telah melakukan gelar perkara atas kasus ini dan RS sudah dilakukan penahanan.

Melansir suarasumut.id, Jumat (11/11/2022), akibat perbuatannya tersangka RS dijerat dengan pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 a Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan/atau Pasal 156A KUHP.

“Ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” katanya. (psc/sugi)

Baca Juga :  Dor! 5 Komplotan Pembobol ATM 6 Provinsi Dibekuk Polda Sumut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *