Breaking News
PDIP Meminta KPU Tunda Penetapan Prabowo-Gibran Akibat Gugatan di PTUN I Edy Rahmayadi Tetap Berusaha Daftar ke Golkar dan Gerindra Meski Ditolak I MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024 I Eks Direktur Utama RSUP Adam Malik Terduga Korupsi Rp8 Miliar Ditahan IOknum Dokter Tersangka Cabuli Istri Pasien Berdamai dengan Rp600 Juta
banner 600x300

95 Ribu Tiket Kereta Api Mudik Nataru Disiapkan Pemprov Sumut

PORTALSWARA.COM — Sebanyak 95 ribu tiket kereta api untuk mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut).

Secara bertahap, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut telah membuka penjualan tiket sejak 7 November 2022 lalu atau H-45 keberangkatan jelang Nataru 2023. Ada 95 ribu tiket kereta api mudik Nataru.

“Pada prinsipnya untuk meningkatkan pelayanan Nataru ini, kita sudah menyiapkan pemesanan tiket lebih awal ini untuk memudahkan pengguna jasa mendapatkan tiket,” kata VP PT KAI Divre I Sumut, Yuskal Setiawan, yang menyambut Wagub Sumut Musa Rajekshah saat menaiki Kereta Api Sribilah Medan-Rantauprapat, Selasa (13/12/2022).

Yang kedua, kata Yuskal, pihaknya akan meningkatkan cadangan gerbong dan lokomotif untuk menghadapi lonjakan penumpang pada puncak libur Nataru. Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

“Kita akan tambah lokomotif yang maksimal supaya panjang rangkaian kereta api ini bisa menampung lonjakan Nataru. Kami prediksi peningkatan penumpang dibanding Nataru tahun lalu sebesar 15%,” katanya.

Manager Humas Divre I Sumut Mahendro Trang Bawono menambahkan, pada masa angkutan Nataru ini, pihaknya menyediakan rata-rata 5.316 tiket perhari untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk perjalanan KA Jarak Jauh, atau dengan total tiket 95.688 selama masa libur Nataru.

“KAI Divre I SU memberikan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 jauh-jauh hari,” ujar Mahendro.

Dikatakannya, para pelanggan bisa memesan tiket KA secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya. Ia juga mengingatkan calon penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan dan menunjukkan bukti vaksin kedua untuk pasien usia 6 sampai 17 tahun dan vaksin booster untuk usia 18 tahun ke atas.

Baca Juga :  Struktur Organisasi dan Sistem Kerja PNS Dipangkas Menteri PANRB

Sementara itu, Wagub Sumut Musa Rajekshah mengapresiasi layanan dan kesiapan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (Divre I Sumut) dalam menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

“Ini kali kedua saya naik kereta api, sebelumnya di tahun 2017 tujuannya sama ke Labuhanbatu. Pelayanannya jauh lebih baik, nyaman dan bersih, petugasnya juga ramah-ramah,” ujar Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah

“Kami berharap kereta api ini memang jadi pilihan agar mengurangi kepadatan di jalan raya,” ujar Ijeck. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *