Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

Abu Lahab, Paman Rasulullah SAW yang Sangat Benci Islam

PORTALSWARA.COM, Jakarta — Abu Lahab, paman Rasulullah SAW yang sangat membenci Islam, bahkan menentang dakwah Rasulullah SAW secara terang-terangan.

Menurut Ibnu Al Jauzi dalam Shifatush Shafwah, Abu Lahab pemilik nama asli Abdul Uzza bin Abdul Muthalib, termasuk satu dari 11 paman Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim pada bab At-Targhibu fii Suknil Madinah wash-Shabri li Awaa’iliha.

Imam Ibnu Katsir menerangkan dalam kitab tafsirnya, julukan Abu Lahab tidak lain karena wajahnya yang cerah. Dia adalah orang yang banyak menyakiti Rasulullah SAW, sangat membenci dan meremehkannya serta selalu memojokkannya dan agama yang dibawa Rasulullah SAW.

Melansir detik.com, Sabtu (19/11/2022), disebutkan dalam Al Adillatul Maaddiyyah Ala Wujudillah karya Mutawalli Asy-Sya’rawi, Abu Lahab adalah salah satu tokoh kafir Quraisy. Allah SWT telah menetapkan bahwa Abu Lahab akan mati dalam kekafiran.

Hal tersebut termuat dalam surah Al Lahab ayat 1-5. Allah SWT berfirman,

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ ١ مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ ٢ سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ ٣ وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ ٤ فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ࣖ ٥

Artinya: “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan memasuki api yang bergejolak (neraka), (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah). Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.”

Menurut M. Khalilurrahman Al Mahfani dalam buku Juz Amma Tajwid Berwarna & Terjemahannya, surah tersebut turun khusus untuk mengecam perbuatan Abu Lahab dan istrinya. Dikatakan, keduanya akan celaka dan masuk neraka serta seluruh harta yang mereka kumpulkan tidak akan berguna sedikitpun.

Baca Juga :  Festival Koeli Kontrak Berakhir, Ketoprak Dor Jadi Primadona Masyarakat Saintis

Dalam ayat 4 surah Al Lahab dikatakan bahwa istri Abu Lahab adalah pembawa kayu bakar, yang tak lain adalah sebuah kiasan. Dalam bahasa Arab, pembawa kayu bakar bermakna orang yang menyebar fitnah.

“Istri Abu Lahab disebut sebagai pembawa kayu bakar karena selalu menyebarkan fitnah keji untuk menjelek-jelekkan Nabi Muhammad dan umat muslim,” jelas M. Khalilurrahman Al Mahfani.

Paman Nabi Muhammad SAW yang sangat benci terhadap Islam ini disebut akan menghuni neraka hawiyah. Menurut sejumlah kitab tafsir Al-Qur’an, neraka hawiyah adalah tempat yang di dalamnya terdapat kobaran api dan menghancurkan para penghuninya. (psc/bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *