Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

Abu Lahab, Paman Rasulullah SAW yang Sangat Benci Islam

PORTALSWARA.COM, Jakarta — Abu Lahab, paman Rasulullah SAW yang sangat membenci Islam, bahkan menentang dakwah Rasulullah SAW secara terang-terangan.

Menurut Ibnu Al Jauzi dalam Shifatush Shafwah, Abu Lahab pemilik nama asli Abdul Uzza bin Abdul Muthalib, termasuk satu dari 11 paman Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim pada bab At-Targhibu fii Suknil Madinah wash-Shabri li Awaa’iliha.

Imam Ibnu Katsir menerangkan dalam kitab tafsirnya, julukan Abu Lahab tidak lain karena wajahnya yang cerah. Dia adalah orang yang banyak menyakiti Rasulullah SAW, sangat membenci dan meremehkannya serta selalu memojokkannya dan agama yang dibawa Rasulullah SAW.

Melansir detik.com, Sabtu (19/11/2022), disebutkan dalam Al Adillatul Maaddiyyah Ala Wujudillah karya Mutawalli Asy-Sya’rawi, Abu Lahab adalah salah satu tokoh kafir Quraisy. Allah SWT telah menetapkan bahwa Abu Lahab akan mati dalam kekafiran.

Hal tersebut termuat dalam surah Al Lahab ayat 1-5. Allah SWT berfirman,

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ ١ مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ ٢ سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ ٣ وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ ٤ فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ ࣖ ٥

Artinya: “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia. Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan memasuki api yang bergejolak (neraka), (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah). Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.”

Baca Juga :  'Kegilaan' Perseus Bikin Medusa Lahirkan Anak dari Leher

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *