Breaking News
Kaesang Terseret Dalam Pusaran Kasus Korupsi PT Timah I Persidangan MK Selesai, Kecurangan Pilpres 2024 Belum Tuntas Terungkap I Kebakaran di YLBHI Jakarta, Satu Anggota Pemadam Kebakaran Meninggal Dunia I Bawaslu Segera Rekrut Pengawas Ad Hoc Pilkada 2024 I Wali Kota Bobby Berbagi Kebahagiaan Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran I MUI Ingatkan Jemaah Aolia soal Menentukan Lebaran Lewat Telepon Allah
banner 600x300

Antar Jemput Anak Sekolah Bikin Macet

Dishub Kota Medan: Pihak Sekolah Atur Jam!

PORTALSWARA.COM, Medan – Salah satu indikator penyebab kemacetan adalah pintu-pintu masuk sekolah swasta. Antar jemput anak sekolah bikin macet.

Pemicunya, banyak orang tua siswa yang memarkirkan kendaraan antar jemput mereka sepanjang jalan menuju sekolah tersebut.

Menurut Kabid Pengembangan Pengendalian dan Keselamatan Dishub Kota Medan, Ami Kholis Hasibuan, pihaknya sudah menyarankan kepala sekolah swasta dan yayasan sekolah swasta, agar mengatur jam kepulangan anak sekolah. Sehingga tidak terjadi penumpukan arus lalu lintas pada jam bersamaan.

Baca Juga :  Pelayanan Keliling Disdukcapil Medan, Dekatkan Layanan Adminduk ke Masyarakat

“Kita sarankan ke mereka kalau ada perbedaan jam masuk dan pulang, jangan hanya 10 menit. Karena kebijakan itu gak akan mengurai kemacatan di jam itu. Lebih baik lagi intervalnya 15-30 menit,” ungkapnya, Kamis (3/11/2022).

Ami menambahkan, pihaknya juga sudah menyarankan kepala sekolah dan pengurus yayasan sekolah agar mengimbau seluruh orang tua siswa tidak menjemput anak mereka sambil menunggu jam pulang. Karena tindakan itu akan menimbulkan penumpukan arus lalu lintas saat jam bersamaan.

“Kami, Dishub Kota Medan dan Satlantas Polrestabes Medan berharap agar orang tua siswa menjemput anak mereka pas jam pulang sekolah, gak lagi menunggu di depan pintu sekolah. Bila perlu wajibkan penggunaan bus sekolah supaya kemacatan di jam tertentu ini bisa kita urai,” ucapnya menyarankan.

“Kendala kita memang volume kendaraannya yang terlalu besar. Di saat jam yang sama, misalnya jam 7.15 WIB masuk sekolah, serentak orang tua siswa mengantarkan anaknya. Ada ribuan kendaraan yang mobile pada jam itu, begitu juga dengan jam pulangnya,” pungkasnya seraya menyebut akan menempatkan petugas di titik kemacatan dan memprioritaskan kendaraan yang menggunakan lajur lurus. (psc/sugi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *