Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

Awas! ETLE Bisa Deteksi Pengendara Tak Punya SIM

PORTALSWARA.COM — Teknologi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan berkembang. Awas! ETLE bisa deteksi pengendara yang tak punya Surat Izin Mengemudi (SIM).

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, pendeteksian itu didasari fitur face recognition.

Lebih lanjut dikatakannya, nanti akan berkembang dengan ‘face recognition’. “Jadi menangkap wajah, namanya siapa alamatnya dimana, punya SIM atau tidak, nanti bisa terdeteksi,” kata Latif, Senin (28/11/2022).

Latif bilang pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), sebagai pemegang data administrasi warga untuk penerapan ETLE pengenal wajah itu.

Sejauh ini belum bisa dipastikan kapan teknologi ini bisa diterapkan pada sistem ETLE, yang sekarang jadi andalan kepolisian saat dilarang melakukan tilang manual.

Melansir CNN Indonesia, Kamis (1/12/2022), Polda Metro Jaya saat ini punya 57 titik kamera ETLE statis yang dipasang di lokasi-lokasi strategis untuk menangkap barang bukti berupa foto atau video pelanggaran lalu lintas. Selain jenis statis Polda Metro Jaya juga memiliki 10 ETLE mobile di kendaraan patroli.

Pada tahun depan rencananya akan ada tambahan ETLE statis baru sebanyak 70 kamera. (psc)

Baca Juga :  Warga Keluhkan Kenaikan Retribusi Sampah di Medan Sebesar 3 Kali Lipat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *