Breaking News
Ramai-ramai Tolak Pangkat Jenderal Kehormatan Prabowo I 13 Kepala Daerah Ajukan Permohonan ke MK Usulkan Pilkada 2025 I Daftar Daerah yang Bakal Gelar Pilkada Serentak 27 November 2024 I Tolak Rencana KUA Sebagai Tempat Pencatatan Nikah Semua Agama, Hidayat Nur Wahid: Bisa Memicu Disharmoni I Jabatan Plt Sekretaris DPRD Labuhanbatu Parulian Diduga Ilegal

BBM Campur Sawit 40%: Uji Coba Tahap Awal Finish

PORTALSWARA.COM — Uji coba tahap awal BBM campur sawit 40℅ selesai. Tahapan rating komponen mesin merupakan tahap lanjutan uji bahan bakar B40 atau BBM dengan campuran biodiesel 40%.

Sebelumnya, uji cold startability road test berjalan sukses. Dimana, empat kendaraan uji B40 dengan gross vehicle weight (GVW) kurang dari 3,5 ton telah selesai menempuh jarak 50.000 km dan empat kendaraan uji dengan GVW lebih dari 3,5 ton menempuh jarak 40.000 km.

Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE, Edi Wibowo mengatakan, saat ini uji jalan B40 menuju tahap akhir setelah 50.000 km untuk kendaraan kecil (< 3,5 Ton) akan di-overhaul/dibongkar di dalam mesin itu ada apa saja. Dengan adanya perbedaan bahan bakar, apakah terdapat perbedaan pada pembentukan deposit di dalamnya.

“Kemudian akan dianalisa komponen mesinnya dengan metode pengujian merit rating komponen mesin kendaraan,” papar Edi, dikutip dari laman Kementerian ESDM, Selasa (29/11/2022).

Ia mengatakan, Laboratorium Aplikasi Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi Lemigas melakukan sejumlah tahapan kegiatan rating komponen mesin seperti overhaul dan rating awal komponen mesin kendaraan, uji jalan kendaraan, dan tahapan overhaul dan rating akhir komponen mesin kendaraan uji jalan B40. Pengetesan rating komponen mesin dilakukan untuk mengamati pengaruh bahan bakar B40 terhadap mesin kendaraan.

Kepala Lemigas Ariana Soemanto mengatakan, pihaknya mendukung uji B40 ini. Dia menuturkan, uji B40 ini sudah hampir selesai.

“Lemigas akan terus mendukung uji kinerja kendaraan terhadap bahan bakar B40 dengan merampungkan uji jalan (road test) yang ditargetkan selesai pada akhir Desember 2022 mendatang. Kesiapan bahan bakar B40 sudah hampir selesai, pengujian B40 kini sudah mencapai tahap overhaul mesin akhir yang pengujiannya dilakukan di laboratorium Lemigas,” katanya.

Baca Juga :  Harga Beras Bulog Sulit Turun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *