Breaking News
Kaesang Terseret Dalam Pusaran Kasus Korupsi PT Timah I Persidangan MK Selesai, Kecurangan Pilpres 2024 Belum Tuntas Terungkap I Kebakaran di YLBHI Jakarta, Satu Anggota Pemadam Kebakaran Meninggal Dunia I Bawaslu Segera Rekrut Pengawas Ad Hoc Pilkada 2024 I Wali Kota Bobby Berbagi Kebahagiaan Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran I MUI Ingatkan Jemaah Aolia soal Menentukan Lebaran Lewat Telepon Allah
banner 600x300

Mulai Desember Diterapkan Sistem Bayar Tol Nirsentuh

PORTALSWARA.COM, Jakarta – Rencana pemerintah akan mengimplementasikan bayar tol nontunai ‘jarak jauh’ atau nirsentuh. Dan mulai Desember 2022 diterapkan sistem bayar tol nirsentuh tersebut. Ini sejalan dengan peluncuran aplikasi Multi Lane Free Flow (MLFF) Kamis (3/11/2022).

“Ini akan kita mulai luncurkan mudah-mudahan pada Desember,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Jumat (4/11/2022).

Untuk tahap awal, kata Danang, akan dilakukan uji coba di enam ruas jalan tol yang sudah ditetapkan. Namun, ia tidak merinci mana saja ruas tol tersebut.

Danang berharap sistem MLFF ini bisa berjalan dengan baik dan sudah digunakan di seluruh ruas tol pada akhir 2023. Dengan demikian, maka pada 2024 semua ruas tol menggunakan sistem MLFF.

Baca Juga :  Walikota Bobby Nasution Dorong Program Masjid Mandiri di Medan

Sebelumnya, melansir CNN Indonesia, Sabtu (5/11/2022), BPJT melakukan pemasangan tiang sensor sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) S dan Tol Jagorawi.

Danang mengatakan penerapan sistem MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas tol. Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

Dengan diberlakukannya MLFF, ruas tol akan sepenuhnya menjadi jalan bebas hambatan atau tidak ada lagi pembatas di gerbang tol. (psc/bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *