Breaking News
Kaesang Terseret Dalam Pusaran Kasus Korupsi PT Timah I Persidangan MK Selesai, Kecurangan Pilpres 2024 Belum Tuntas Terungkap I Kebakaran di YLBHI Jakarta, Satu Anggota Pemadam Kebakaran Meninggal Dunia I Bawaslu Segera Rekrut Pengawas Ad Hoc Pilkada 2024 I Wali Kota Bobby Berbagi Kebahagiaan Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran I MUI Ingatkan Jemaah Aolia soal Menentukan Lebaran Lewat Telepon Allah
banner 600x300

Sah! Anwar Ibrahim Jabat PM Malaysia

PORTALSWARA.COM — Secara resmi, pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, menjabat perdana menteri (PM) Malaysia. Kepastian itu diperoleh setelah Anwar menemui Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah di Istana Negara, Selasa (22/11/2022).

“Anwar ditetapkan sebagai perdana menteri,” demikian laporan media Malaysia, The Vibes.

Sebelumnya, eks PM Malaysia Muhyiddin Yasin juga menemui sang raja. Akan tetapi, Muhyiddin keluar tanpa memberikan pernyataan apapun kepada wartawan yang sudah menantinya.

Sebelumnya, pemilihan umum Malaysia menghasilkan parlemen gantung yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dimana tak satu pun dari dua kandidat utama PM, Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Yasin, memenangkan suara mayoritas untuk membentuk pemerintahan.

Koalisi Barisan Nasional, yang merupakan petahana, menegaskan tidak akan mendukung salah satu kandidat. Ini merupakan sebuah langkah yang akan mencegah Anwar dan Muhyiddin mencapai mayoritas.

Akibatnya, dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (23/11/2022), secara konstitusional, sekarang situasi tergantung pada raja. Raja sebenarnya memainkan peran seremonial, tetapi dapat menunjuk siapa pun yang diyakini akan memimpin mayoritas.

“Saya meminta warga Malaysia untuk menerima setiap keputusan tentang pembentukan pemerintahan. Biarkan saya membuat keputusan segera,” kata raja kepada wartawan di luar Istana Negara, Selasa (22/11/2022), dikutip Reuters. (psc)

Baca Juga :  Aneh! Orang Ngobrol di Kanada Sejauh 5 Km Masih Kedengaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *