Breaking News
PDIP Meminta KPU Tunda Penetapan Prabowo-Gibran Akibat Gugatan di PTUN I Edy Rahmayadi Tetap Berusaha Daftar ke Golkar dan Gerindra Meski Ditolak I MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024 I Eks Direktur Utama RSUP Adam Malik Terduga Korupsi Rp8 Miliar Ditahan IOknum Dokter Tersangka Cabuli Istri Pasien Berdamai dengan Rp600 Juta
banner 600x300

Mulai 2023, Tol di Bali Pertama Terapkan Transaksi Tanpa Berhenti

PORTALSWARA.COM — Jalan tol di Bali pertama terapkan transaksi tanpa berhenti yang dimulai pada 2023 nanti.

Terkait ini, pemerintah telah menyiapkan sistem pembayaran tol tanpa setop atau disebut Multi lane Free Flow (MLFF). Sistem ini akan dimulai dari tol di Bali pertama terapkan tahun depan. Dan rencananya, sistem transaksi tol ini diuji coba mulai 1 Juni 2023.

Menurut Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF, tahap awal uji coba ini rencananya akan dilakukan di Bali.

Pemilihan Bali telah melalui proses diskusi. Pertimbangannya, ruas tol ini belum terlalu padat sehingga akan lebih mudah melaksanakan kontrol untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik.

Selama uji coba, kegiatan sosialisasi dilakukan lebih masif agar segala informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. “Setelah Bali sudah menerapkan MLFF secara keseluruhan, baru kemudian kita akan uji coba di ruas tol lain,” sebutnya.

Melansir detik.com, Senin (12/12/2022), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, uji coba MLFF diberlakukan secara bertahap. Gerbang tol masih dipertahankan. Selama masa transisi pengguna bisa langsung bertransaksi dengan sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol, namun gerbang untuk transaksi nontunai konvensional tetap ada.

“Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik,” kata Danang.

Dia bilang, dengan penerapan MLFF untuk transaksi tol tanpa berhenti, maka pembayaran tol bisa lebih cepat. Alhasil, antrean di gerbang tol tidak ada lagi. Selain itu, MLFF membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien.

“Nanti untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia. Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran,” jelasnya. (psc)

Baca Juga :  Perkiraan Cuaca Kota Medan Sore Hari Ini Hujan

Respon (2)

    1. Fine, Thank you for your attention. My Twitter is portalswara.com. However, sorry that the news on my Twitter has not been continuously updated, even though there is already information that can be shared. Once again, thank you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *