Breaking News
NasDem dan Gerindra Pasangkan Rico-Zaki di Pilwalkot Medan I Kebijakan Parkir Berlangganan, Bobby Gaji 1.700 Jukir di Medan Rp2,5 Juta per Bulan I Hari Pertama Parkir Berlangganan Kota Medan Terjual 1.093 Stiker I Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Turun Jadi Rp40 Ribu Mulai 1 Juli I Warga di Medan Disekap dan Dimintai Uang Rp100 Juta

Pelaku UMKM Binaan Pemko Medan Dapat Sertifikat Halal Gratis

PORTALSWARA.COM — Pelaku UMKM binaan Pemko Medan mendapatkan sertifikasi halal secara gratis. Kebijakan ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan UMKM yang termasuk dalam program prioritas Pemko Medan.

Selain mewadahi dan memfasilitasi pelaku UMKM, Walikota Medan Bobby Nasution juga memberikan kemudahan, yakni menggratiskan pengurusan sertifikat halal bagi pelaku UMKM di Kota Medan.

Kebijakan ini sebagai bentuk kepedulian dan komitmen Bobby Nasution dalam membangkitkan dan menaikkan kelas produk UMKM serta upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Bobby Nasution pun mendorong agar pelaku usaha khususnya yang bergerak di bidang kuliner makanan maupun minuman baik yang baru memulai atau merintis segera mengurus sertifikat halal.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan Benny Iskandar Nasution, menjelaskan sejak ditetapkannya pengurusan sertifikat halal gratis bulan November kemarin, pihaknya terus mendorong pelaku usaha untuk mengurus sertifikat halal tersebut.

“Kami telah menyebarkan informasi ini ke pelaku usaha. Antusias pelaku usaha untuk mengurus sertifikat halal terus meningkatkan. Ini merupakan kemudahan yang dilakukan pak Bobby Nasution untuk membangkitkan dan menaik kelaskan UMKM di Kota Medan,” kata Benny, di kantornya, Selasa (6/12/2022).

Benny Iskandar Nasution mengungkapkan syarat untuk pengurusan sertifikat halal gratis sangat mudah. Pelaku usaha tinggal masuk menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM, maka secara otomatis akan mendapatkan sertifikat halal secara gratis.

“Yang biasanya mengurus sertifikat halal harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 4 sampai Rp5 juta. Sekarang Pemko Medan menggratiskan. Namun kebijakan ini hanya untuk UMKM di Kota Medan,” jelas Benny.

Kadis Koperasi dan UKM menambahkan, karena informasi ini diketahui masyarakat umum, banyak pelaku usaha diluar Kota Medan ingin masuk menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM.

Baca Juga :  Pasca Penetapan Perda Perlindungan dan Pengembangan UMKM, F-Golkar: Pelaku UMKM jadi Sektor Usaha Kompetitif

“Namun karena berdasarkan syarat UMKM menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM yakni KTP asli Medan, pelaku usaha di luar kota Medan tidak bisa menjadi binaan dan mendapatkan sertifikat halal gratis,” sebutnya.

Dijelaskan Benny seluruh pelaku UMKM kota Medan binaan Dinas Koperasi dan UKM yang berjumlah sekitar 87 ribu lebih ini telah kita ajukan ke Kantor Kementerian Agama untuk dikeluarkan sertifikat halalnya.

“Data pelaku UMKM telah kita berikan ke kantor Kementerian Agama di setiap Kecamatan, setelah kita usulkan selanjutnya akan dikeluarkan sertifikat halalnya yang diperkirakan di awal tahun depan,” ungkap Benny.

Selanjutnya Benny Iskandar Nasution menghimbau kepada seluruh pelaku UMKM yang belum termasuk binaan Dinas Koperasi dan UKM agar dapat masuk menjadi binaan. Sebab banyak sekali kemudahan yang diberikan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk pelaku UMKM salah satunya saat ini pengurusan sertifikat halal tidak dikenakan biaya.

“Ayo pelaku UMKM yang belum terdaftar dalam binaan segera daftarkan agar mendapatkan kemudahan salah satunya mendapatkan sertifikat halal secara gratis alias tanpa biaya. Apalagi kemarin kita telah meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) yang dapat digunakan pelaku UMKM,” ujarnya. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *