Breaking News
6 Peserta UKW PWI Sumut Angkatan 59-60 Belum Kompeten I Bobby Nasution Sampaikan ke DPP PDI-P Dukung Prabowo-Gibran I Ini Dia Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 I Musnahkan Barang Bukti Narkoba Skala Besar, Polda Sumut Selamatkan Ratusan Ribu Jiwa I 2 Pria di Sergai Curi Kabel Lampu Tol Seharga Rp84 Juta Ditangkap

PLTA Asahan 3 Terkendala Pembebasan Lahan

PORTALSWARA.COM, Asahan — Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 terkendala pembebasan lahan masyarakat, dengan harga penggantian wajar yang ditetapkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Menurut Manager PLTA Asahan 3, Agil Darmawan, sesuai ketentuan pembebasan lahan yang berlaku, proses pembebasan lahan telah dialihkan melalui mekanisme konsinyasi ke Pengadilan Negeri Asahan.

Proyek PLTA Asahan 3 Hydroelectric Power Plant (HEPP) ini berlokasi di Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan dan juga di Kabupaten Toba.

“Namun dalam praktiknya di lapangan, beberapa pemilik lahan masih belum bersedia memberikan akses masuk ke lahan tersebut,” kata Agil, saat beraudensi dengan bupati, wakil bupati dan Forkompinda Asahan,  di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Selasa (15/11/2022).

Berkenaan dengan hal tersebut, ia meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Asahan terkait kegiatan Pembangunan PLTA Asahan 3 serta dukungan langsung dari pihak desa untuk mendampingi dan memberikan penjelasan ke masyarakat agar proses pengadaan tanah dan persiapan daerah lintasan jalur transmisi dapat segera direalisasikan.

Selanjutnya Agil mengatakan, pembangunan PLTA Asahan 3 yang ditargetkan selesai pada bulan Maret 2024, sampai saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 67%.

“Karenanya saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang terkait, khususnya kepada Pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Asahan yang telah berkolaborasi dengan baik bersama PLTA Asahan 3, sehingga progress pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya, meskipun ada hal hal yang masih harus kita benahi bersama,” pungkas Agil.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan, H. Surya mengatakan akan membantu mencari solusi yang dihadapi PLTA Asahan 3.

Baca Juga :  Kadishub Medan: Underpass Hilangkan Titik Konflik Penyebab Kemacetan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *