Breaking News
Kaesang Terseret Dalam Pusaran Kasus Korupsi PT Timah I Persidangan MK Selesai, Kecurangan Pilpres 2024 Belum Tuntas Terungkap I Kebakaran di YLBHI Jakarta, Satu Anggota Pemadam Kebakaran Meninggal Dunia I Bawaslu Segera Rekrut Pengawas Ad Hoc Pilkada 2024 I Wali Kota Bobby Berbagi Kebahagiaan Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran I MUI Ingatkan Jemaah Aolia soal Menentukan Lebaran Lewat Telepon Allah
banner 600x300

2 Prajurit TNI Pembawa 40 Ribu Ekstasi dan Puluhan Kilo Sabu, Berikut Faktanya!

PORTALSWARA.COM — Tim Dittipid Narkoba Bareskrim Polri menangkap 2 prajurit TNI pembawa 40 ribu ekstasi dan puluhan kilogram sabu di Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Dua oknum anggota TNI itu ditangkap bersama dua lainnya Keempat terduga pelaku awalnya ditangkap tim Dittipid Narkoba Bareskrim Polri di Deliserdang, Sumut.

“Iya itu dari Direktorat 4 (Narkoba) Bareskrim Polri yang ungkap,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (6/12/2022).

Menurutnya, Polda Sumut hanya melakukan backup terhadap personel Bareskrim Polri dalam pengungkapan kasus tersebut.

Kasus ini lalu ditangani polisi dan polisi militer (Pom) TNI. Kasus ini masih terus didalami. Berikut fakta-fakta terkait penangkapan anggota TNI tersebut.

1. 2 Oknum TNI Ditangkap Bersama 2 Sipil
Bareskrim Polri menangkap 4 orang terkait peredaran sabu dan pil ekstasi di Deliserdang, Sumut. Dua orang yang diamankan merupakan oknum anggota TNI.

“Kemarin Dittipidnarkoba Bareskrim menangkap 4 orang tersangka karena terlibat kasus peredaran gelap 75 kilogram sabu dan 40.000 butir pil ekstasi di Medan,” ujar Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Krisno mengatakan dua oknum TNI tersebut telah diserahkan ke POM TNI. Kedua oknum anggota TNI tersebut berinisial Sertu YT dan Pratu RH.

“Dua di antaranya oknum anggota TNI dan sudah diserahkan ke penyidik POM TNI,” ucapnya.

2. Kronologi Penangkapan
Kedua oknum anggota TNI AD berinisial Sertu YT dan Pratu RH ditangkap Senin (5/12/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Merka ditangkap di doorsmeer mobil di wilayah Kabupaten Deliserdang.

Awalnya YT bertemu dengan RH di Kota Tanjung Balai, Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 20.00 WIB. Lalu keduanya berangkat ke Sungai Dua untuk mengambil paket narkoba yang sudah diarahkan orang tak dikenal dan dimuat ke dalam Mobil Toyota Fortuner Nopol BK-1020-LE.

Baca Juga :  Diduga Beli Lahan Rp152 Miliar Bodong, Gubernur Sumut Dilaporkan ke KPK

Setelah itu keduanya berangkat menuju Medan. Mereka sempat istirahat dan melaksanakan Salat Subuh di Mesjid Jamik Galang Lubukpakam, Deliserdang.

Lalu pada Senin (5/12/2022) sekitar pukul 10.00 WIB, keduanya diamankan oleh tim Ditnarkoba Mabes Polri saat mencuci mobil di daerah Deliserdang.

3. 2 Oknum TNI Diperiksa Pomdam Bukit Barisan
Kapendam I/Bukit Barisan Kolonel Rico Siagian membenarkan perihal penangkapan dua oknum tentara itu. Saat ini, keduanya sudah diamankan di Pomdam Bukit Barisan dalam rangka pemeriksaan dan proses hukum selanjutnya.

“Infonya benar. Sekarang yang bersangkutan sudah diamankan di Pomdam dalam rangka rik (pemeriksaan, red) dan proses hukum,” ujar Kolonel Rico.

4. Bawa 80 Kg Sabu dan 40 Ribu Pil Ekstasi
Barang bukti narkoba dalam jumlah tak sedikit diamankan dari 4 orang yang ditangkap di Deliserdang, Sumut. Sebanyak 80 kilogram sabu dan 40 ribu pil ekstasi diamankan.

“Ekstasi 40 ribu dan sabu 80 kg,” kata Danpuspomad Letjen Chandra W Sukotjo kepada detikcom, Selasa (6/12/2022).

Chandra mengatakan barang bukti tersebut hingga kini masih dalam proses penghitungan oleh Polda Sumut. Hal tersebut untuk mengetahui jumlah pasti narkotika yang dibawa kedua tersangka, yakni Sertu YT dan Pratu RH.

“Dalam proses penghitungan tepatnya oleh Polda,” ujarnya.

5. Ditahan 20 Hari ke Depan
Sertu YT dan Pratu RH masih terus diperiksa di Pomdam Bukit Barisan. Keduanya akan menjalani masa tahanan awal selama 20 hari.

“Betul ditahan, 20 hari ke depan,” kata Kapendam I/Bukit Barisan, Kolonel Rico Siagian, kepada detikcom, Selasa (6/12/2022).

Rico mengatakan penahanan dilakukan untuk mendalami dan mencari tahu dugaan keterlibatan Sertu YT dan Pratu RH di kasus narkotika tersebut.

6. Terancam Dipecat TNI
Sertu YT dan Pratu RH akan diproses hukum terkait kasus narkoba ini. Keduanya bakal dipecat jika nantinya terbukti bersalah.

Baca Juga :  8 Petugas BNNP Sumut Terduga Lalai Diperiksa Terkait Tahanan Kabur

“Masih dalam proses penyidikan di Pomdam. Kita tunggu saja hasilnya. Hukuman pidana dan PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat),” kata Kolonel Rico. (psc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *